Klik NewsSosial Budaya

Gol Miranchuk Buka Asa Rusia Lolos Babak 16 Besar

Tim nasional Rusia meraih kemenangan perdana dalam gelaran Euro 2020 setelah mengalahkan Finlandia dengan skor 1-0 dalam lanjutan laga Grup B di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Rabu (16/06/2021).

Kemenangan tersebut sekaligus menjaga asa tim Beruang Merah untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Satu-satunya pencetak gol dalam pertandingan tersebut dicetak gelandang serang Atalanta, Aleksey Miranchuk, pada injury time babak pertama.

Kemenangan itu membuat Rusia naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup B dan menggusur Finlandia berbekal keunggulan head-to-head kendati kedua tim sama-sama memiliki tiga poin.

Dalam laga tersebut, Finlandia sebetulnya sempat menciptakan kejutan saat laga baru berjalan tiga menit melalui Joel Pohjanpalo.

Namun, selebrasi emosional para pemain Finlandia reda digantikan sorak sorai publik tuan rumah lantaran VAR dan wasit Danny Makkelie menganulir gol itu karena offside yang teramat tipis.

Tak mau kembali dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri, Rusia balas mengancam melalui Artem Dzyuba, sayang tendangan penyerang raksasa itu membentur tiang gawang. Jika masuk gawang sekalipun, besar kemungkinan gol akan dianulir karena offside.

Baca juga :   Rusia Rebut Kota Besar Kharkiv, Ukraina Memanas

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit kedua injury time babak pertama ketika Miranchuk dengan percaya diri menusuk ke dalam kotak penalti seusai menerima umpan dari Dzyuba.

Pemain Atalanta itu berhasil melepaskan tendangan melengkung untuk menaklukkan kiper Lukas Hradecky.

Finlandia berusaha mengawali babak kedua dengan agresif. Pada menit ke-54, Pukki memperoleh peluang setelah menghindari hadangan dua bek Rusia, sayang tembakan penyelesaiannya masih mengarah tepat ke pelukan Safonov.

Upaya-upaya Finlandia tak kunjung membuahkan hasil dan pada menit ke-72, mereka malah nyaris kebobolan lagi, jika saja Hradecky tidak melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan berbahaya Daler Kuzyaev.

Semenit jelang bubaran waktu normal Finlandia memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan sayang sundulan Paulus Arajuuri masih melambung di atas sasaran.

Finlandia selanjutnya akan menghadapi tim unggulan Grup B, Belgia, di Saint Petersburg pada Senin (21/06/2021), ketika di laga lain Rusia akan bertandang ke Kopenhagen menantang Denmark. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *