EkonomiHukum-KriminalInfo KlikersKlik NewsPolitik

Hedonisme Pejabat Pajak, PB HMI MPO Ajak Netizen Jadi Hakim Sosial Bagi Penyelenggara Negara

Jakarta – Perilaku hedonisme pejabat pajak terkuak pasca kasus yang menjerat pejabat Kepala Bagian (Kabag) Umum di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo (RAT). Kasus RAT akhirnya menyeret beberapa pejabat pajak lain yang perilaku hidupnya senada.

Ketua umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) Mahfut Khanafi menilai fenomena para pejabat pajak tersebut telah menciderai nilai-nilai kemanusian dan rasa empati.

Pasalnya, perilaku hedonisme dilakukan di tengah situasi tekanan ekonomi yang tengah dihadapi rakyat berupa kenaikan banyak harga bahan pokok atau inflasi yang tinggi dan masih belum pulihnya guncangan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Kasus Rafael alun seakan membuka tabir hitam kehidupan para pejabat pajak, pejabat yang memamerkan kekayaan di tengah masyarakat berjuang pemulihan ekonomi pasca pandemi seakan mencoreng rasa kemanusian dan kepeduliaan” Kata Mahfut Khanafi kepada klikers.id melalui pesan WhatsApp Jum’at (10/03/2023).

Baca juga :   PB HMI MPO Kolaborasi dengan Baznas DKI Berbagi Paket Sembako di Bulan Ramadhan

Ia menambahkan, pajak selama ini masih menjadi jantung pembangunan RI. Karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagian besar masih ditopang oleh pajak.

“Berdasarkan data, pendapatan negara terbesar berasal dari pajak. Pada 2022 saja, realisasi penerimaan perpajakan mencapai Rp2.034,5 triliun atau 114% dari target. Bahkan penerimaan pajak meningkat 31,4% apabila dibandingkan dengan realisasi 2021. Jika pejabat pajak berulah, tentu itu akan menyakiti hati rakyat sebagai pembayar pajak,” imbuhnya.

Untuk itu, Mahfut menyerukan agar sistem pengawasan harta pejabat ini dapat dilaksanakan dengan maksimal dan ketat. Tak lupa, ia mengajak peran masyarakat luas untuk menjadi watchdog dan hakim bagi perilaku hedonisme pejabat yang gemar memamerkan harta.

“Saya beranggapan masyarakat atau netizen sudah pandai menjadi hakim sosial dan siap menguliti para pejabat yang nakal, kita ini kan sudah masuk pada era demokratisasi informasi serta keterbukaan informasi publik, sehingga kekayaan para pejabat publik harus diaudit dan transparan, apabila mencurigakan dan terjadi penyelewengan maka harus ditindak secara tegas” lanjut mahfut

Baca juga :   Kawal Demokrasi, PB HMI-MPO Gelar Demo di KPU RI dan Istana

Mahfut menambahkan, sistem Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) harus ditingkatkan transparansinya. Di samping itu, Lembaga Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) lebih independen dan cermat dalam melihat transaksi para pejabat publik terutama pejabat pajak.

“Kami meminta kepada presiden Jokowi mengevaluasi kembali kinerja Kementerian Keuangan dan lembaga terkait lainnya, apabila terjadi penyelewengan maka harus ditindak tegas secara hukum, jangan sampai seolah pemerintah kaget dengan perilaku-perilaku menyimpang dari para penyelenggara negara, padahal sebenarnya ini sudah penyakit lama” tambah Mahfut

Di lain sisi, menurut Mahfut, pajak merupakan bahan bakar pemerintah untuk mengerakan mesin bernama birokrasi. Namun, apabila penyelenggara pajak menjadi bagian dari pengemplang pajak, maka tidak salah apabila masyarakat melakukan pembangkangan massal dan seruan untuk tidak patuh dan membayar pajak

“Indonesia sebagai negara tentu ingat dengan gerakan Samin Surosentiko yang mampu mengerakan masyarakat untuk tidak membayar pajak, kami berharap pemerintah mengeluarkan kebijakan secara tegas dan memproses secara hukum oknum-oknum yang terbukti melakukan penyewengan, apabila hal tersebut tidak diindahkan maka pilihan rasional PB HMI MPO adalah menyerukan masyarakat untuk tidak membayar pajak” Pungkas Mahfut

Baca juga :   PB HMI Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Anggotanya yang Represif Terhadap Anggota HMI Cabang Mataram

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,753

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *