Global Review

PBB: 800 Ribu Orang Melarikan Diri dari Kekerasan Etnis di Sudan

JENEWA: Lebih dari 800.000 orang mengungsi dari Sudan akibat pertempuran antara faksi militer.

“Tanpa resolusi cepat dari krisis ini, kami akan terus melihat lebih banyak orang terpaksa mengungsi untuk mencari keselamatan dan bantuan dasar,” kata Raouf Mazou dalam pengarahan negara anggota di Jenewa.

“Dalam konsultasi dengan semua pemerintah dan mitra terkait, kami telah mencapai angka perencanaan 815.000 orang yang mungkin melarikan diri ke tujuh negara tetangga.”

Perkiraan tersebut mencakup sekitar 580.000 orang Sudan, katanya, dengan yang lainnya merupakan pengungsi dari Sudan Selatan dan tempat lain.

Sejauh ini, dia mengatakan sekitar 73.000 orang telah melarikan diri ke tujuh tetangga Sudan: Sudan Selatan, Chad, Mesir, Eritrea, Ethiopia, Republik Afrika Tengah, dan Libya.

Pada pengarahan yang sama, koordinator kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Sudan memperingatkan bahwa krisis kemanusiaan berubah menjadi “malapetaka besar” dan bahwa risiko limpahan ke negara-negara tetangga mengkhawatirkan.

“Sudah lebih dari dua minggu pertempuran yang menghancurkan di Sudan, konflik yang mengubah krisis kemanusiaan Sudan menjadi bencana besar,” kata Abdou Dieng, koordinator penduduk dan kemanusiaan di negara itu, melalui tautan video.

Baca juga :   Perang Padri: Konflik Bersejarah di Sumatera Barat

What's your reaction?

Related Posts

1 of 75

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *