Opini

Sat Lantas Polres Trenggarek Berikan Pelatihan Pengaturan Lalu-lintas ke Prajurit TNI

Prajurit TNI berlatih pengaturan lalu-lintas yang diinisiasi Kodim 0806 Trenggalek, Jawa Timur (Jatim), Selasa (31-01-2017).

Hadir dalam kesempatan ini, Komandan Kodim (Dandim) 0806 Trenggalek, Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Danramil se-Kabupaten Trenggalek beserta anggota.

Dalam sambutannya, Dandim 0806, Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, menyampaikan, TNI dengan Sapta Marganya harus menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat termasuk etika dan aturan berlalu- lintas.

“Pada kondisi tertentu, aparat TNI seringkali turun membantu pengaturan lalu-lintas. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan tentang tata cara pengaturan lalu-lintas yang baik dan benar,”kata Letkol Arm Bayu Argo Asmoro.

Sementara narasumber  dalam kegiatan pelatihan pengaturan lalu-lintas adalah Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Heru Sudjio, SH dan Kanit Dikyasa Satlantas, Iptu Supadi.

AKP Heru Sudjio, SH menuturkan, di era globalisasi saat ini masyarakat dapat dengan leluasa merekam dan mengupload apapun khususnya kepada aparatur negara seperti TNI dan Polri.

“Kesalahan sedikit saja bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri, khususnya terkait kelalu-lintasan,” ujar AKP Heru Sudjio, SH.

Dalam kesempatan ini, AKP Heru Sudjio, SH menyampaikan beberapa materi, di antaranya pengawalan menggunakan kendaraan dinas dan safety riding, mensosialisasikan kembali tentang pemberlakuan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri.

“Mohon bantuannya mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa yang mengalami kenaikan tarif adalah administrasi bukan pajaknya,”ujar AKP Heru Sudjio, SH.

Selain teori, Satlantas Polres Trenggalek juga  melakukan praktek. Ada 12 gerakan pengaturan lalu-lintas yang diajari kepada prajurit TNI d Makodim 0806.

“Sebagai wujud nyata bahwa TNI adalah pelopor keselamatan berlalu-lintas dan keselamatan sebagai kebutuhan,”kata AKP Heru Sudjio, SH di penghujung kegiatan sambil menyematkan PIN pelopor keselamatan berlalu-lintas kepada salah satu peserta latihan.

 

[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 140