Klik NewsSosial Budaya

Tambahan Kuota 10 Ribu Jemaah Haji, Pemerintah Prioritaskan Lansia

Pemerintah melalui Kementrian Agama (Kemenag) akan memprioritaskan tambahan 10 ribu kuota haji untuk jemaah haji lanjut usia (lansia).

“Jemaah lansia harus menjadi prioritas penambahan kuota haji tahun ini,” Kata Menag Lukman Hakim Saifudin usai memimpin rapat terkait pesiapan pelaksanaan penambahan 10 ribu kuota hajidi Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (26/04/2019) pagi.

Terkait hal ini, Menag menambahkan, Kanwil dan Kankemenag proaktif, khususnya memberitahu kepada jemaah haji lansia yang mayoritas berada di daerah pedalaman dan terpencil di Indonesia.

Menurut Menag kuota penambahan tahun 2019 berdasarkan masa tunggu pada masing-masing provinsi.

Dari rapat tersebut terungkap bila masa tunggu haji paling lama atau di atas 30 tahun yaitu Provinsi Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Penambahan 10 ribu kuota haji yang terjadi di akhir persiapan, berdampak pada konfigurasi pengkloteran yang harus dipersiapkan agar bisa optimal dan maksimal.

“Dampak lainnya terkait penempatan dengan sistem zonasi yang memerlukan kebijakan untuk menghasilkan pembagian distribusi di setiap provinsi secara merata berdasarkan masa tunggu,” ujar Menag.

Hasil rapat ini nantinya akan dibahas bersama DPR, BPKH dan kementerian/lembaga terkait untuk mensukseskan penambahan 10 ribu kuota pada musim haji tahun ini. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *