Klik NewsSosial Budaya

Resmikan Masjid Istiqlal, Presiden Jokowi: Lebih Indah dan Rapi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Istiqlal Jakarta pada Kamis (07/01/2021).

Masjid terbesar di Indonesia itu baru selesai direnovasi dengan total biaya Rp511 miliar.

“Hari ini masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi, alhamdullilah,” kata Presiden Joko Widodo di kompleks masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (07/01/2020) sore.

Presiden menyampaikan bahwa renovasi masjid tersebut merupakan yang pertama sejak 42 tahun yang lalu.

Ia mengungkapkan banyak perubahan dari tampilan masjid yang baru. Diantaranya terowongan bawah tanah yang menghubungkan Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta.

“Saya melihat masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi, lantainya juga saya lihat sudah 3 kali, lebih berkliau,” ungkap Presiden.

Presiden juga menilai tata cahaya kompleks masjid juga diganti sangat modern dan indah serta sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi karena dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan yang tidak kalah penting tetap memperhatikan kadiah-kaidah cagar budaya bangunan masjid,” ujar Presiden menjelaskan.

Baca juga :   Hidayatullah: Jor-Joran Bansos Diduga Penyebab Beras Langka dan Mahal

Presiden Jokowi berpesan kapada Imam Besar Masjid Istiqlal dan Badan Pengelola Masjid agar menjaga masjid Istiqlal dengan baik sehingga tetap indah dan bersih.

“Menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk menjalankan aktivitas keagamaan dan tidak kalah penting mengembangkan program kegiatan yang kreatif sehingga masjid Istiqlal, semakin ramai makin makmur dan didatangi umat sebanyak-banyaknya,” ucap Presiden. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *