Klik NewsPendidikanPolitik

Gapai Kemenangan Ramadhan: PC PMII Jaktim Gelar Sekolah Pergerakan dan Pendidikan Advokasi

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jakarta Timur (PC PMII Jaktim) menyelenggarakan kegiatan Sekolah Pergerakan dan Pendidikan Advokasi (SPPA) pada Jum’at, 22 Maret s/d Senin, 25 Maret 2024.

Pembukaan kegiatannya dimulai dengan Kuliah Umum Ramadhan yang mengangkat tema “Membedah Tingginya Angka Pelanggaran Hukum Di Indonesia: Menatap Indonesia Lebih Baik” pada Jum’at, 22 Maret 2024 di Auditorium Kantor Walikota Jakarta Timur. Sedanglan pelaksanaan kegiatanya dilaksanakan di Perhimpunan Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat (P3M) Cililitan, Jakarta Timur.

Kegiatan itu menghadirkan Nurul Gufron (Wakil Ketua KPK RI), Bivitri Susanti (Pakar Hukum Tata Negara), Kombes. Nicolas Ari Lilipaly (Kapolres Metro Jakarta Timur) yang diwakili oleh AKBP Burhanudin (Wakapolres Metro Jakarta Timur) dan M. Anwar (Walikota Jakarta Timur) yang diwakili oleh Handoko, selaku Kasuban Kesbangpol Jakarta Timur.

Erlangga Abdul Kalam (Ketua Cabang PMII Jakarta Timur) saat memberikan sambutannya menyebut bahwa dirinya menginisiasi kegiatan tersebut atas dasar kesadaran moralitasnya terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam organisasinya.

Baca juga :   Polling Calon Wali Kota Bekasi Periode 2024-2029

Sederhananya, diantara 14 Kampus yang organisasi PMII nya terintegrasi di PC PMII Jakarta Timur, hanya ada beberapa kampus yang memiliki konsen teehadap hukum. Sehingga pengetahuan dan pemahaman anggotanya mengenai hukum dan tata cara bagaimana melakukan advokasi dirasa masih belum merata dan kurang maksimal. Padahal, sebagai insan organisatoris, selain kita dituntut sebagai seorang kader yang multitalent, kita juga harus profesional.

Perkataan itu disambut baik oleh Wakil Ketua KPK RI dan Pakar Hukum Tata Negara. Pihaknya mengapresiasi kegiatan Sekolah Pergerakan dan Pendidikan Advokasi yang diinisiasi oleh PC PMII Jakarta Timur.

Sekolah Pergerakan dan Pendidikan Advokasi merupakan barometer sebuah insan pergerakan untuk membina, mengelola dan mengontrol sebuah organisasi/institusi. Baik dalam skala kecil maupun besar. Karenanya hal ini menjadi penting untuk pendampingan mahasiswa dan masyarakat guna menyelesaikan setiap dinamika atau problematikanya.

Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini selama tiga hari diberikan materi mengenai Pengenalan Pendidikan Advokasi, Analisis Sosial dalam Mengorganisir dan Memberdayakan SDM Masyarakat Kota, Metodologi Analisis Network Planning, Membangun Isu Strategis Dalam Analisis Wacana, lalu, Membaca Arah Hukum Pidana Dalam KUHP Terbaru, Branding and Image Building, serta Pandangan KUHP Pidana Baru dalam Penegakannya.

Baca juga :   Bajingan Politik dan Keteladanan Megawati Soekarnoputri

Setidaknya, setiap anggotanya yang sudah mengikuti Sekolah Pergerakan dan Pendidikan Advokasi PC PMII Jakarta Timur ini memiliki tugas pokok yang menjadi tanggungjawabnya. Dimulai dari memahami advokasi, cara mengadvokasi, serta mengerti cara peserta berpartisipasi dalam isu-isu sosial dan politik secara teks juga konteks yang relevan.

Singkatnya, kegiatan ini merupakan upaya dari PC PMII Jakarta Timur untuk menyiapkan kader-kader yang mampu berkompetitif agar survive pada masa mendatang sesuai dengan perkembangan, perubahan dan tantangan zaman sebagaimana tujuan dari PMII didirikan.

Disaat yang bersamaan, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kader yang peduli, aktif terhadap perubahan sosial, politik yang terjadi. Baik di lingkungan kampus maupun masyarakat.

Lebih spesifik, setiap anggota yang sudah mengikuti kegiatan ini dapat merubah kota Jakarta Timur menjadi kota yang lebih baik dan progres. Sebab kita tau, bahwa Jakarta Timur adalah kota dengan jumlah penduduk terbanyak dan kota dengan pemukiman padat. Maka, bukanlah tidak mungkin suatu problematika yang bersangkutan dengan hukum akan banyak terjadi dan sebagai anggota PMII harus siap menghadapi dan menjawab itu semua

Baca juga :   Polling Calon Wali Kota Bekasi Periode 2024-2029

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,303

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *