Klik NewsSosial Budaya

MAN IC Kendari Raih Medali Perak di Ajang Youth Natinal Science Fair

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari meraih prestasi di pentas nasional. dua siswanya, Nur Ainun Nadila dan Asri Nur Ainun, yang tergabung dalam Tim Robotik berhasil meraih medali perak di ajang Youth National Science Fair (YNSF) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 10-12 Mei 2019.

Atas raihan prestasi ini, tim robotic MAN IC ini berkesempatan menjadi duta Indonesia pada ajang Hong Kong Student Science Project Competition (HKSSPC) di Hongkong tahun 2020 mendatang.

Nur Fajrin, Pembimbing Tim Robotik MAN IC Kota Kendari, mengatakan keikutsertaan dua siswa ini diawali dengan mengirimkan proposal penelitian kepada penyelenggara.

Setelah dinyatakan lolos pada Maret 2019, tim diminta mengirim hasil penelitiannya paling lambat awal Mei.

Nur Ainun dan Asri Nur meneliti seputar masalah yang biasa terjadi di madrasah, lalu mereka mencoba mencari solusi dengan memanfaatkan teknologi.

Diantaranya dengan membuat sistem pengisian token otomatis, teknologi penyiraman tanaman, lampu otomatis yang bisa menyala dan mati sesuai intensitas cahaya matahari, serta bel otomatis yang diprogram sesuai dengan jadwal kegiatan di asrama dan di madrasah.

“Bell ini sudah terbukti lebih on time ketimbang bell yang dioperasikan secara manual, apalagi operatornya sering terlupa,” kata Nur Fajrin di Kendari, Rabu (15/05/2019).

Hasil penelitian itu, kata Nur Fajrin, yang diserahkan pada ajang Youth National Science Fair (YNSF) 2019.

“Karena persiapan sudah begitu maksimal, anak bimbingan pun begitu semangat dan tekun dalam masa karantina. Jadi saya kira ini pantas mereka dapatkan,” ungkapnya.

Kepala MAN IC Kota Kendari Abdul Basit mengapresiasi prestasi siswanya. Menurut Abdul Basit, sebagai madrasah akademik dan riset, MAN IC terus berupaya melahirkan generasi yang memiliki critical thingking dalam setiap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

“Sesuai dengan visi MAN IC, kami selalu mendorong siswa bisa berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru menyesuaikan dengan pesatnya perkembangan teknologi,” pungkasnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262