Global ReviewInternasional

Putin Desak Biden Keluarkan Ukraina dari Keanggotaan NATO

Presiden AS dan Rusia membahas ketegangan Ukraina melalui panggilan telepon menjelang pembicaraan tingkat rendah di Jenewa bulan depan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada rekannya dari Amerika Serikat Joe Biden bahwa sanksi apa pun terhadap Rusia akan menjadi kesalahan besar. Seorang ajudan Kremlin menyampaikan hal demikian pada hari Kamis (30/12/2021) setelah kedua pemimpin besar itu berbicara melalui telepon menjelang pembicaraan tingkat rendah bulan depan.

Komunikasi via telepon yang menurut para pejabat AS dimulai pada pukul 15:35 EST (20:35 GMT) dan berlangsung selama 50 menit terjadi di tengah kekhawatiran Barat atas penempatan puluhan ribu tentara Rusia di dekat perbatasannya dengan Ukraina.

Ajudan Kremlin Yuri Ushakov mengatakan Rusia puas dengan hasil percakapan tersebut. Menurutnya, percakapan tersebut berpusat pada jaminan keamanan yang diinginkan Moskow dari Barat, dengan menekankan bahwa sanksi apapun terhadap Rusia akan menjadi “kesalahan besar”.

“Kami berharap sanksi ini tidak akan terjadi,” kata Ushakov kepada wartawan setelah panggilan telepon.

Baca juga :   Rusia Rebut Kota Besar Kharkiv, Ukraina Memanas

Ini adalah kedua kalinya Putin dan Biden mengadakan pembicaraan langsung bulan ini, karena pemusatan militer Rusia di dekat Ukraina terus meningkatkan kekhawatiran bahwa Rusia bersiap untuk invasi yang akan segera terjadi ke tetangganya.

Dalam sebuah pernyataan yang menggambarkan pembicaraan hari Kamis, Gedung Putih mengatakan Biden mendesak Putin untuk “menurunkan” ketegangan yang membara dan “menjelaskan bahwa Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya akan merespons dengan tegas jika Rusia menginvasi Ukraina lebih lanjut”.

Kremlin telah membantah bahwa pihaknya berencana untuk melakukan serangan ke Ukraina, sebaliknya menuduh negara-negara Barat merusak situasi keamanan di kawasan itu melalui perluasan NATO dan hubungan Ukraina dengan aliansi tersebut.

Menjelang diskusi, kedua belah pihak bersikeras bahwa mereka siap untuk mendengarkan. Tetapi dengan pembicaraan hari Kamis yang mengatur negosiasi tatap muka tingkat rendah di Jenewa pada bulan Januari, ada beberapa indikasi konsesi yang signifikan.

Biden menyatakan dukungan untuk diskusi bulan depan selama komunikasinya dengan Putin. Gedung Putih juga mengatakan dan “menegaskan kembali bahwa kemajuan substantif dalam dialog ini hanya dapat terjadi di lingkungan de-eskalasi daripada eskalasi”.

Baca juga :   Rusia Rebut Kota Besar Kharkiv, Ukraina Memanas

Samuel Greene, direktur Institut Rusia di King’s College London, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa AS dan Rusia “perlu dilihat sebagai upaya” di tengah ketegangan.

“Ini adalah kesempatan bagi Putin untuk mengklaim beberapa kemenangan, untuk menunjukkan bahwa mungkin Barat sedikit tertekuk – jika dia bisa memutarnya seperti itu,” kata Greene. “Untuk pemerintahan Biden … dan sekutu Eropa, sangat penting untuk benar-benar melakukan semua yang mereka bisa – selain membuat konsesi yang tidak dapat mereka buat – untuk memastikan perdamaian dan keamanan di dalam dan sekitar Ukraina.”

Awal bulan ini, pemerintah Rusia menerbitkan rancangan pakta keamanan yang menuntut agar NATO menolak keanggotaan di Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya dan menghentikan pengerahan pasukan dan senjata di Eropa tengah dan timur.

Tetapi AS dan sekutu NATO-nya mengatakan hanya anggota aliansi yang dapat memutuskan kapan negara lain bergabung, sambil menekankan bahwa setiap pembicaraan keamanan dengan Moskow perlu mempertimbangkan kekhawatiran NATO dan melibatkan Ukraina dan mitra lainnya.

Baca juga :   Rusia Rebut Kota Besar Kharkiv, Ukraina Memanas

Sergey Lavrov, menteri luar negeri Rusia, mengatakan minggu ini bahwa diplomat Rusia dan pejabat militer akan mengambil bagian dalam pembicaraan dengan AS bulan depan mengenai daftar jaminan keamanan yang diinginkan Moskow dari Washington.

Diskusi di Jenewa akan berlangsung pada 10 Januari, sementara Moskow dan perwakilan NATO diharapkan bertemu pada 12 Januari. Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, yang mencakup Rusia dan AS, akan membahas ketegangan ini.

Delegasi Rusia akan dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov, dan delegasi AS akan dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *