EkonomiInfo KlikersSpesial Klik

Profil Hairu Umam Bento, CEO Bento Group Indonesia yang Sukses Jadi Milyader Muda Punya 70 Outlet Cafe dan Resto

KLIKERS.ID – Hairul Umam Bento merupakan interpreneur muda yang sukses merintis bisnis cafe dan restoran hingga menjadi milyader muda. Tangan dingin Bento sapaan akrabnya berhasil membangun Bento Group Indonesia, perusahaan yang dirintis tahun 2012 itu menjelma menjadi perusahaan operator cafe dan restoran pertama dan terbesar di Indonesia.

“Jadi Bento Group itu perusahaan operator cafe dan restoran pertama di Indonesia dan insyaallah terbesar se-Indonesia karena kita sekarang alhamdulillah sudah punya 70 outlet diseluruh pulau Jawa dan kita akan terus melakukan ekspansi bisnis ke luar pulau Jawa, dan kita udah mulai dibulan ini di Lampung,” ungkap Hairul Umam Bento di sela-sela kesibukannya.

Sebagai perusahaan investasi berskala nasional, Bento Group Indonesia merambah menjadi perusahaan yang diperhitungkan dan siap bersaing. Bento Group Indonesia kini berkembang menjadi group usaha yang menanungi beberapa brand meliputi Food & Beverage, Properti & kontraktor dan Budidaya perikanan.

Melansir dari Timesindonesia.com, kisah sukses pemuda yang akrab dipanggil Bento itu lahir pada tanggal 20 Ferbruari 1992 di Sumenep, Madura, provinsi Jawa Timur. Selain sebagai CEO Bento Group Indonesia, dia juga dikenal sebagai salah satu pengusaha budidaya tambak Udang di provinsi Jawa Timur.

Ikhwal, sejak aktif menjalani masa kuliah di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) tahun 2011, Bento telah memulai berbisnis. Namun yang mengubah perjalanan bisnis dan karirnya di dunia interpreneur bermula dari pertemuannya dengan seorang pemilik rumah makan yang hampir bangkrut. Bento menawarkan kerjasama mengembangkan usaha dan membantu suntikan modal (investasi).

Hasilnya sangat memuaskan, Bento berhasil mengubah rumah makan itu menjadi cafe bernuansa edukatif karena selain berfungsi sebagai tempat tongkrongan dan ngopi, juga menjadi sarana belajar kursus bahasa Inggris. Sejak itulah minat dan ketertarikan Bento pada dunia bisnis makin tinggi. Itu sebabnya Bento terus belajar mengembangkan bakat interpreneurnya hingga berhasil menjadi pengusaha muda sukses seperti sekarang.

Putra Madura berlatar belakang santri itu memang jeli melihat peluang bisnis dan pandai memanfaatkan momentum sehingga tak heran bila perusahaan Bento Group Indonesia terus berkembang pesat meski terhitung baru 10 tahun namun sudah mempunyai 70 outlet yang tersebar di pelbagai wilayah Indonesia.

Bento Group Indonesia sebagai perusahaan investasi dimana semua outlet-outlet adalah milik investor, adapun brand-brand yang ditawarkan adalah Bento Kopi Indonesia, Menoewa Kopi, Easy Breezy, Mood River Garder, Nuri Coffee & Eatery, Kaktus Coffee, Koat Kopi, Stako Kopi.

70 oultet tersebar di kota Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Madiun, Mojokerto, Malang, Jember, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Bandung, Tasik, Bogor, Jakarta dan Lampung. Untuk brand terbesar yang memiliki 40 cabang di seluruh Indonesia adalah oultet Bento Kopi.

Selain itu tentunya, Bento Group Indonesia fokus berkolaborasi dengan para investor untuk mengeksplorasi ide, perencanaan, dan pengelolaan bisnis yang efektif dan menguntungkan dengan menawarkan konsep fine dining bernuansa taman dengan view alam yang sejuk di tengah sawah. Panorama keindahan view yang estetik ala Bento Kopi membuat pengunjungnya nyaman nongkrong berlama-lama.

Meski ada di tengah sawah cafe produk Bento Kopi tetap ramai dikunjungi penikmatnya untuk sekadar mencicipi aneka hidangan dan sajian Bento Kopi yang terkenal murah, terjangkau namun berkualitas tinggi. Brand berkualitas tinggi yang ditawarkan Bento Group Indonesia memang belum ada konsep lain yang menyamai untuk saat ini sehingga banyak menarik investor bergabung dengan perusahaan Bento Group.

“Investor itu akan kita tawarkan beberapa brand ini untuk memilih di antaranya ada Bento Kopi ada Koat Kopi. Jadi investor itu dipersilahkan memilih brand itu sehingga ketika dia udah memilih brand baru kita bukain dimana mereka mau,” ujarnya.

Di tengah kesibukannya dalam menjalani profesinya sebagai pengusaha muda sukses, Hairul Umam Bento akan terus melakukan ekspansi bisnisnya ke pelbagai daerah terutama di luar pulau Jawa yang menjadi target selanjutnya.

Kepercayaan dari customer dan para investor yang bekerjasama dengan perusahaan Bento Group Indonesia menjadi modal utama memperkenalkan Bento Group dari perusahaan UMKM lokal menjadi perusahaan berskala nasional.

Tahun 2021 Bento Group Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan dari Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai salah satu perusahaan terbaik karena tetap survive (mampu bertahan) meski dilanda pandemi COVID- 19 bahkan naik hampir 200%.

Kisah perjalanan Bento membangun perusahaan Bento Group dari nol menjadi perusahaan yang saat ini diperhitungkan dan dipercaya investor tentu tak lepas dari talenta, keuletan dan kepiawaiannya dalam mengelola dan menjalankan perusahaan operator cafe dan restoran terbesar untuk saat ini di Indonesia.

Kisah keberhasilan dan kesuksesan Bento telah melewati ujian kegagalan. Baginya, gagal adalah sukses yang tertunda sehingga meski kerap diterpa gagal namun tak ada kata menyerah apalagi pasrah pada keadaan. Alhasil, Bento berhasil membangun perusahaan Bento Group menjadi perusahaan berkelas sehingga membuat para investor tertarik bekerjasama dengan perusahaan yang menawarkan beragam varian brand berkualitas itu.

Yang menarik tentunya juga karena produk-poduk Bento Group Indonesia ada kelasnya, kategori kelas menengah ke bawah dan kelas menengah ke atas. Kelas menengah ke bawah di antaranya ada Bento Kopi, Koat Kopi, Nuri Kopi, Stako Kopi dimana produk itu harganya murah tapi dikemas dengan baik. Artinya untuk kelas menengah ke bawah, perusahaan Bento Group mempunyai kualitas produk terbaik. Jadi meskipun murah tidak sembarangan produk yang dijual.

Sementara produk menengah ke atas punya beberapa produk di antaranya ada Nuri Coffee & Eatery, Mood River Garden, Kaktus Coffee dan Easy Brezy, Brand terbanyak Bento Kopi dan Koat Kopi. Bento Kopi ada 40, sementara Koat Kopi ada 10 cabang.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,117

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *