EkonomiInfo Klikers

Temui Peternak Ayam, Mendag Zulkifli Bahas Upaya Peningkatan Harga Ayam

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa harga ayam saat ini sangat rendah yakni berkisar Rp14.000/kg-Rp17.000/kg untuk ayam hidup di tingkat peternak, yang seharusnya berdasarkan harga keekonomian berkisar Rp21.000/kg─Rp23.000/kg.

Oleh karena itu Mendag Zulkifli mengadakan pertemuan dengan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar); Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN); serta perwakilan peternak dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan wilayah sentra lainnya untuk membahas upaya peningkatan harga ayam di kandang.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari kamis 1 september 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan tersebut, Mendag Zulkifli menjelaskan bahwa gejolak harga ayam yang terjadi saat ini karena kendal penidistribusian yang kurang merata.

“Gejolak harga tersebut disinyalir terjadi akibat kendala distribusi yang kurang merata serta kondisi supply-demand, yaitu produksi lebih besar dibandingkan permintaan,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan dala keterangan rilisnya, Kamis (01/09/22).

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, dalam pertemuan tersebut para peternak menyampaikan, gejolak harga yang terjadi saat ini dianggap belum pernah berpihak kepada peternak. Ketika harga berada di atas harga acuan yang diatur dalam Permendag Nomor07 Tahun 2020, peternak seringkali dimintai keterangan oleh satgas pangan POLRI. Sedangkan ketika harga di bawah harga acuan, peternak merasa belum pernah diberikan bantuan yang konkret oleh Pemerintah. Selain itu, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, perlu adanya penyesuaian harga acuan karena sudah terjadi penyesuaian harga akibat kenaikan biaya logistik dan pakan.

“Kenaikan harga pakan dipengaruhi oleh kenaikan harga komponennya antara lain soy bean meal(SBM) atau bungkil kedelai hasil olahan sisa/ampas minyak kedelai yang berasal dari pasokan impor dan jagung. Harga SBM saat ini mulai menurun seiring penurunan harga gandum, namun masih cenderung tinggi,” imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Menindaklanjuti hasil pertemuan, Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan rencananya untuk bertemu dengan perusahaan-perusahaan terintegrasi guna membahas upaya peningkatan harga ayam di peternak.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,103

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *