Headline

Jadwal Debat Mulai 12 Desember, KPU Tetapkan 5 Tema Debat Capres-Cawapres Pada Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi telah menetapkan jadwal dan tema debat Capres Cawapres Pilpres 2024.

Debat Capres dan cawapres Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali dengan tema berbeda.

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan, tema debat tersebut ditetapkan setelah pihaknya berdiskusi dengan perwakilan tim pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023) sore WIB.

“KPU telah mengundang tim kampanye capres-cawapres untuk mendengarkan penjelaskan KPU tentang teknis pelaksanaan debat capres-cawapres,” kata Idham kepada wartawan, dikutip Jumat (1/12/2023).

KPU akan menggelar debat pertama hingga kelima pada Selasa, 12 Desember 2023; Jumat, 22 Desember 2023; Ahad, 7 Januari 2024; 21 Januari 2024; dan Ahad, 4 Februari 2024. Semua debat akan dilaksanakan di Jakarta.

Berikut jadwal dan tema lengkap debat capres-cawapres Pilpres 2024:

– Debat pertama selasa 12 Desember 2023 tema : Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi

– Debat kedua jumat, 22 Desember 2023 tema : Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional

Baca juga :   Berikut Hasil Rekapitulasi Pilpres 2024 Anies-Prabowo-Ganjar di 16 Provinsi

– Debat ketiga Minggu 7 Januari 2024 tema : Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur

– Debat keempat 21 Januari 2024 tema : Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat

– Debat kelima Minggu 4 Februari 2024 tema : Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

Dalam jadwal debat tidak ada debat khusus Cawapres seperti pada Pilpres 2019 akan tetapi debat dilakukan secara berpasangan.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, rapat perdana membahas debat capres-cawapres digelar untuk meminta masukan dalam rangka menyusun format debat yang berkualitas. Pasalnya, masyarakat kerap mengkritik debat capres dan cawapres yang digelar KPU.

Rapat pertama digelar dengan melibatkan perwakilan media massa, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), IESR, Kemendagri, Kemenaker, Kemenko PMK, Fisipol UGM, Bappenas, dan Kemenko Perekonomian. Rapat digelar di Kantor KPU RI pada Rabu pagi (29/11/2023).

Baca juga :   H-1 Pencoblosan, Berikut Ini 3 Syarat Pilpres Berlangsung Satu Putaran

“Oleh karena itu mohon bantuan bapak ibu untuk memberikan masukan kepada kami tentang metode yang pas, yang tepat. Yang kemudian debatnya seringkali kan dikritik debatnya kayak cerdas cermat ya kira-kira begitu,” kata Hasyim ketika membuka rapat tersebut.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 598

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *