Regional

Peringati Hari Santri Nasional, Khofifah Pimpin Jawa Timur Bersholawat

Peringatan Hari Santri  Nasional 2019 di Jawa Timur digelar di Lapangan Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Selasa (22/10/2019) malam dengan mengambil tema Jawa Timur Bersholawat.

Acara yang digelar pada pukul 20.00 WIB itu sekaligus untuk memperingati HUT Pemprov Jatim ke-74 dan dihadiri langsung oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Jawa Timur Bersholawat dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qadir bin Abdurrahman Assegaf asal Solo dimulai dengan lagu Santri Lirboyo dan Yalal Wathon.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengakui kehadiran Habib Syech membawa aura positif melalui sholawat.

“Dengan Sholawat, Habib Syech bin Abdurrahman Assegaf ini mampu membawa semangat kebangsaan NKRI yang harus terus dijaga terutama oleh para santri,” ujarnya.

Khofifah mengucapkan terima kasih kepada Ponpes Lirboyo yang berkenan ketempatan Jawa Timur bersholawat.

Khofifah juga bercerita sejarah Hari Santri yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di mana saat itu ia masih menjabat Menteri Sosial mendapat tugas dari Jokowi.

“Pak Jokowi keluarkan Keppres (Keputusan Presiden) saat itu yang ditugasi Khofifah. Lalu diteruskan Pak Pratikno (Mensesneg),” ungkapnya.

Ketua Muslimat NU itu juga menjelaskan dasar penetapan Hari Santri Nasional, yakni peran kyai dan santri dalam mempertahankan NKRI.

“KH Hasyim Ashari pada tanggal 22 Oktober 1945 pukul 20.30 WIB saat itu menetapkan Resolusi Jihad. Santri se-Jawa terutama Surabaya dan Madura bergerak memperahankan NKRI. Momen Resolusi Jihad ini menjadi dasar penetapan Hari Santri,” pungkasnya. (Alim)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396