Opini

Makna Kedudukan

Oleh: Karlina Helmanita

(Dosen UIN Syarif Hidayatullah dan Founder Yayasan Sanggar Baca Jendela Dunia)

Kedudukan adalah kata benda, artinya letak, tempat suatu benda, tingkatan, martabat, atau status, dari KBBI.

Dengan bahasa sufistiknya, Ibnu Atha’illah berujar:
اذا اردت ان تعرف قدرك عنده
فانظر فيما يقيمك.

Idza aradta an ta’rifa qadraka ‘indahu fanzhur fiimaa yuqiimuka

“Jika kamu ingin mengetahui kedudukanmu di sisiNya, perhatikanlah di mana Dia menempatkanmu.”

Makna kedudukan menurut Ibnu Atha’illah berdekatan dengan bagaimana Tuhan memberimu tempat atau menempatkanmu dalam satu ruang maupun masa.

Ada 2 tempat kedudukan yang Allah berikan kepadamu, antara orang yang maqbul (diterima amalnya) dan bahagia atau orang yang mardud (ditolak amalnya) dan menderita.

Jika kamu ingin tahu kedudukanmu, perhatikan di mana Allah menempatkanmu, apakah ditempatkan pada tempat yang maqbul atau mardud.

Menurut Ibnu Atha’illah orang yang berada pada tempat yang maqbul berada pada ruang2 ketaatan. Allah akan mempekerjakannya dalam amal yang diridhaiNya, berupa ragam ketaatan kepadaNya. Ia akan ringan melangkah atau mengulurkan tangannnya untuk kebaikan, kesejahteraan, kebahagiaan untuk semua.

Sedangkan kedudukan yang mardud, ia akan menderita. Tuhan akan memperkerjakannya dalam hal yang dibenciNya, berupa ragam pelanggaran; enggan atau menunda ragam kebajikan, merampas hak mereka yang papa melalui tameng2 keindahan, kekuasaan, atau kemiskinan pendidikan yang diabaikannya.

Narasi ini juga berlaku untuk orang2 awam. Adapun bagi orang2 yg khusus khawash, maka kalimatnya adalah, “jika kamu ingin tahu kedudukanmu di sisiNya, apakah kamu termasuk orang yang muqarrabin atau tidak, lihatlatlah di mana Tuhan menempatkanmu dan pengetahuan apa yang diberikanNya ke dalam hatimu?

Rasulullah pun bersabda, “siapa yang ingin tahu kedudukannya di sisi Allah, hendaknya ia mengetahui kedudukan Allah di hatinya.”

Semoga kita semua diberikan tempat yang maqbul, dan menjadi orang2 yang _muqarrabin.

Salam Kedudukan Maqbul untuk Semua
Semangat Pesantren Jendela Dunia

What's your reaction?

Related Posts

1 of 140

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *