Klik NewsPolitikRegional

Sambut Pembangunan IKN, Sejumlah Tokoh Dirikan Forum Suara Rakyat Kaltim (FORKAL)

Pertemuan beberapa tokoh pemuda Kalimantan Timur hari ini Minggu, 20 Maret 2021 menginisiasi pendirian sebuah forum aspirasi masyarakat Kalimantan, menyambut dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

Dengan melihat beragamnya persoalan yang ada di tanah borneo, terutama seiring dengan pembangunan IKN. Para tokoh muda kemudian berinisiasi membentuk wadah aspirasi atau sebuah forum yang diberi nama Forum Suara Rakyat Kaltim (FORKAL). Sebuah forum aspirasi dan mengkaji tentang masa depan Kalimantan sejalan dengan dimulainya pembangunan IKN.

Irwansyah, inisiator terbentuknya Forum Suara Rakyat Kaltim (FORKAL) berharap pendekatan dalam perencanaan pembangunan IKN di Kaltim dalam bentuk partisipatif di mana masyarakat diberikan ruang untuk menyampaikan aspirasi dan menyampaikan harapannya kepada Pemerintah untuk nantinya menjadi bahan pertimbangan dalam proses perencanaan pembangunan.

“Aspirasi dari masyarakat sangatlah penting. Harapan kami semua aspirasi bisa menjadi pertimbangan pemerintah untuk membuat perencanaan strategis dan terukur, sehingga pembangunan tersebut juga mendengarkan aspirasi masyarakat Kaltim, tidak hanya mendengarkan beberapa kelompok elit tertentu,”jelasnya Irwansyah, inisiator berdirinya Forum Suara Rakyat Kaltim (FORKAL).

Irwansyah menambhakn, FORKAL kedepan nantinya akan menjaring suara rakyat Kalimantan yang kemudian dikaji, dibahas, dan di musyawarahkan untuk selanjutnya diteruskan kepada pihak-pihak terkait demi mewujdukan kemajuan dan masa depan masyarakat Kaltim.

Senada dengan Irwansyah, Ikbal Ramadhan berharap pembangunan IKN dapat melahirkan program-program strategis yang tentunya memiliki dampak yang berkelanjutan untuk masyarakat Kaltim.

“Melalui FORKAL kami berharap dari wadah ini akan lahir suara-suara rakyat, aspirasi rakyat untuk memberikan dukungan dan masukan kepada pemerintah sehingga dapat membuat program-program yang strategis, bermanfaat dan tepat sasaran untuk masyakat, khususnya masyarakat sekitar IKN”. Jelas Ikbal Ramdhan anggota FORKAL. 

Para tokoh dari FORKAL akan terus bekerja turun ke bawah menjumpai rakyat dengan menyerap langsung aspirasi rakyat Kalimantan Timur melakukan kajian, riset, dan menyuarakan harapan, dan keinginan serta memberikan opsi-opsi berbagai maslah dna potensinya untuk mewujudkan kemajuan Kalimantan. 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,429

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *