HeadlineKlik NewsSosial Budaya

Sambut Kedatangan Jemaah Haji, Menag Siapkan 5 Liter Air Zamzam untuk Setiap Jemaah

Menyambut kepulangan jemaah di tanah air, Menag telah menyiapkan prosesi penyambutan hingga menyediakan 5 liter air zamzam untuk dibawa pulang oleh para jemaah agar bisa lebih Fresh dan kembali ke rumah bisa bahagia.

Demikian disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Men) dalam keterangan releasnya Senin, 18 Juli 2022.

Usai rangkaian perhelatan haji di Mekkah, Gusmen berkeliling Masjidil Haram untuk mengecek para jemaah haji dan menhimbau agar para jemaah untuk menjaga kesehatan menjelang kepulangan ke tanah air. “Saya berharap jemaah menjaga stamina. Petugas (haji) juga harus menjaga stamina. Yang penting juga petugas menjaga semangat. Semangatnya melayani sampai akhir sampai jemaah sampai rumah,” ungkat Menag.

Menag juga telah minta seluruh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bisa mengurangi program-program ziarah jalan-jalan dan belanja bagi jemaah.

“Malam tadi kita koordinasikan dengan KBIH agar jemaah tidak terlalu diforsir yang sunah maupun yang mubah. Yang mubah itu belanja-belanja, jalan-jalan. Mending dikurangi agar jemaah istirahat dulu,” kata Menag.

Lebih lanjut Menag menyampaikan bahwa terkait air zamzam pihaknya akan berusaha untuk menambah jatah agar tahun depan jemaah haji Indonesia bisa mendapatkan 5 liter lebih.

“Setelah semua proses ibadah selesai jemaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” ujarnya.

Bagi jemaah Indonesia, jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Ini pula yang membuat banyak jemaah yang tetap nekat memasukkan Zamzam ke dalam koper.

“Mengapa jemaah memaksa bawa Zamzam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jemaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas. Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jemaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” kata dia

1

2

3

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,494

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *