Klik NewsSosial Budaya

Resmikan Jalur KA Pariaman – Naras, Menhub: Bukti Pemerintah Serius Bangun Infrastruktur di Luar Jawa

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian kembali jalur KA Pariaman – Naras dan modernisasi stasiun Naras Pariaman, Jumat (22/03/2019).

Menurut Menhub, reaktivasi jalur KA Pariaman-Naras merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur yang merata.

Pembangunan infrastruktur tidak lagi terpusat di Jawa, tetapi merata hingga ke seluruh Indonesia.

“Ini yang dinamakan Indonesia Sentris dimana pembangunan dilakukan diseluruh wilayah Indonesia tidak hanya di pulau Jawa saja,” ucap Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan keseriusan pemerintah membangun infrastruktur di Sumbar untuk meningkatkan potensi Sumbar di berbagai sektor

“Pemerintah beberapa waktu lalu telah membangun Bandara Internasional Minangkabau, Kereta Api Bandara Minangkabau dan reaktivasi jalur KA ini, hal tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan potensi yang ada di Sumbar seperti pariwisatanya, warisan budaya dan makanannnya yang terkenal lezat,” tambah Menhub Budi Karya.

Sementara itu dalam laporan Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri mengatakan reaktivasi Jalur KA Pariaman – Naras sepanjang 7 km telah dilakukan sejak tahun 2015.

Baca juga :   Budi Karya Sumadi Dukung Swasta Bangun Fasilitas Kendaraan Listrik Komersial

Reaktivasi yang dilakukan yaitu mengganti Rel R.25 Bantalan Kayu dengan R.54 Bantalan Beton serta peningkatan fasilitas persinyalan, pembangunan 11 unit jembatan dan modernisasi Stasiun Naras, yang menelan dana APBN sekitar 51,9 Milyar Rupiah.

Zulkfikri melanjutkan, reaktivasi jalur KA ini merupakan yang kedua di Sumatera Barat dari total program reaktivasi perkeretaapian sepanjang 213 KM.

Reaktivasi pertama telah diselesaikan dan dioperasikan sepanjang 27 KM (Lubuk Alung – Kayu Tanam dan Pariaman – Naras).
Dari total panjang Rel KA di Sumatera Barat sepanjang 304 KM, hingga saat ini telah direaktivasi dan dioperasikan sepanjang 72,2 KM. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *