HiburanInfo KlikersKlik NewsOlahraga

Pendekar Cilik Cingkrik Purbajati Juara Pencak Silat Piala Wakil Gubernur DKI

Siswa SDN Rempoa 02, Tangerang Selatan, bernama Rafa Kamil Baldi menorehkan prestasi mengesankan. Murid kelas 3B ini mampu menyabet juara ke-1 Kejuaraan Pencak Silat Piala Wakil Gubernur Jakarta Bapak Ir.H. Ahmad Riza Patria,M.BA.

Lomba yang diadakan di gelanggang olahraga ciracas itu dilaksanakan pada 26-28 Agustus 2022. Meski memakai label Provinsi, namun sejatinya kejuaraan itu bersifat Nasional. Selain peserta dari Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, ikut pula pesilat dari beberapa Provinsi lainnya (Banten dan Jawa Barat). 

Dalam Pertandingan ini Rafa adalah anggota dari Perguruan Pencak Silat Cingkrik Cempaka Purbajati. Didampingi Secara Langsung oleh Ketua Dewan Guru Perguruan Cingkrik Cempaka Purbajati, Eko Yudi Safaruddin,SE. Rafa mengikuti kategori tunggal tangan kosong untuk tingkat SD. 

“Alhamdulillah Rafa berada di peringkat Pertama. Mengungguli Siswa SD lainnya,” kata Eko Yudi Safaruddin, Ketua Dewan Guru Perguruan Pencak Silat Cingkrik Cempaka Purbajati, Jumat (26/08/2022), di Jakarta Timur.

Pada beberapa bulan sebelumnya, atlet kebanggan Perguruan Cingkrik Cempaka Purbajati ini malah merebut prestasi lebih tinggi. Ia menjadi juara pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Banten Championship 2 2022. Kategori yang diikuti Rafa adalah tanding tunggal SD. 

Lahir di Tangerang Selatan, Rafa menekuni pencak silat sejak usia 5 tahun. Ia dilatih oleh ayahnya. Tiga hal yang ditekankan oleh ayahnya, yakni semangat, disiplin, dan percaya diri. “Jika di atas panggung perlombaan, ekspresi dan tatapan mata Rafa sangat tajam,” tutur Yudi. 

Karakter Rafa, sambung Yudi, juga sangat baik. Ia bisa berbaur dengan anak-anak lainnya dan tidak usil. 

“Rafa bukan anak yang gampang menyerah. Jika dilatih oleh para pendekar dan dewan guru perguruan cingkrik cempaka purbajati, dia akan terus bertanya sampai mengerti,” paparnya. Rafa juga terbiasa memimpin pemanasan latihan ketika Training Center di Padepokan Purbajati. (*)

Peneliti Budaya, Jurnalis, Pengusaha Muda

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,797

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *