BloggerInfo KlikersPendidikan

Gelar Webinar Arah Baru Pendidikan Indonesia, PUNDI Ajak Masyarakat Refleksi Kembali Pendidikan Nasional Yang Tanpa Orientasi

Yayasan Pegiat Pendidikan Indonesia (PUNDI) berkolaborasi dengan Jaringan Intelektual Berkemajuan (JIB Post) mengadakan webinar bertema “Arah Baru Pendidikan Indonesia” yang dipandu langsung oleh Indra Charismiadji, pengamat pendidikan nasional dan Prof. Dr. Ki Supriyoko M.Pd., Ketua Pendidikan dan Kebudayaan Majelis Luhur Tamansiswa pada hari Kamis (25/08/2022).

Haryono Kapitang, Direktur Eksekutif Pundi dalam pengantarnya, menyatakan bahwa tema webinar “Arah Baru Pendidikan Indonesia” berangkat dari keresahan Pundi melihat tidak jelasnya orientasi pendidikan yang ada di Indonesia.

“Menurut laporan Re-imaigining Our Futures UNESCO, Sistem pendidikan kini terlalu menekankan nilai keberhasilan individu, pembangunan ekonomi dan persaingan nasional, sambil mengorbankan kebersamaan, pemahaman kesalingtergantungan manusia, serta kepedulian ke sesama dan Bumi. Seharusnya pendidikan harus menjamin solidaritas, welas asih, etika, dan empati tertanam dalam desain kegiatan belajar”, ungkapnya.

Oleh karenanya, Pundi berkolaborasi dengan JIB Post memilih tema webinar “Arah Baru Pendidikan Indonesia” sebagai upaya merefleksikan kembali situasi pendidikan nasional mutakhir yang berjalan tanpa orientasi.
“Jika kita melihat fenomena dan polemik pendidikan nasional akhir-akhir ini yang cenderung didominasi budaya pragmatis dan mengalami dekadensi nilai moral yang akut. Maka, Pundi bersama JIB Post ingin mengulas problematika ini secara mendalam”, pungkasnya. 

Webinar yang diadakan Pundi juga mengundang Alpha Amirrachman, M.Phil., Ph.D., Sekretaris Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membawakan opening speech untuk membuka diskusi webinar yang akan berlangsung.

Baca juga :   ICMI Muda Kaltara Gelar Webinar Sebagai Bentuk Inisiasi Riset Dalam Bidang Pertanian di Kalimantan Utara

Salah satu peserta diskusi, Bapak Ulin Nuha yang berasal dari Ketapang, Kalimantan Barat, mengatakan bahwa webinar seperti ini sangat membantu dirinya, yang juga merupakan praktisi pendidikan. Diskusi sangat jarang di daerah-daerah, padahal di sana sangat membutuhkan wawasan mengenai pendidikan Indonesia secara umum.

Begitu pula yang dirasakan Bapak Zul Arfi, peserta diskusi yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Menurutnya, guru-guru di daerah sangat kesulitan menerapkan kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan Kemendikbudristek.
Pembicara pertama, Indra Charismiadji menyinggung mengenai konsep merdeka belajar yang dinilai tidak mempunyai nilai akademis dan filosofis.

“Konsep merdeka belajar, yang digadang-gadang sebagai hasil refleksi pemikiran Ki Hadjar Dewantara ternyata sama sekali tidak memiliki nilai akademis dan filosofis. Sejatinya, konsep merdeka belajar adalah konsep dagang, bukan konsep pendidikan”, tegasnya.

Begitu pula dengan RUU Sisdiknas. Menurutnya, RUU Sisdiknas tidak mencantumkan naskah akademik. Padahal, untuk sebuah kebijakan yang mengarahkan orientasi pendidikan Indonesia ke depannya sama sekali tidak diketahui asal-usulnya.

“Lebih parahnya, RUU Sisdiknas disusun tetapi tidak diketahui naskah ademiknya ada di mana. Ini kan menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan ternyata tidak mempunyai ukuran yang jelas”, ucapnya.

Baca juga :   ICMI Muda Kaltara Gelar Webinar Sebagai Bentuk Inisiasi Riset Dalam Bidang Pertanian di Kalimantan Utara

Ia menyarakan, sejatinya jika ingin memperbaiki kualitas Pendidikan Indonesia terlebih dahulu harus menyusun grand design bagi pendidikan Indonesia. Jika ini tidak dilakukan, maka yang terjadi ialah arah pendidikan Indonesia menjadi tidak terukur dan tidak terarah. 

“Ibaratnya seperti Gojek. Kita punya aplikasinya tapi tidak punya ojeknya. Pendidikan yang mau dibawa tidak jelas arahnya sebab kita tidak tahu mau ke arah mana”, pungkasnya.

Begitu pula dengan kebijakan pendidikan yang selalu diganti setiap menteri pendidikan. Tiap-tiap menteri pendidikan mempunyai kebijakan khas pada zamannya. Tetapi sejatinya substansi yang dibawa sama saja, tidak berubah.

“Yang ada hanya ilusi inovasi. Mutu pendidikan kita masih begini-begini saja. Kualitasnya masih tetap sama, di samping subsidi untuk pendidikan kita semakin bertambah”, ujarnya.

Buku teks pendidikan kurikulum merdeka pun ternyata hanya mencomot dari negera luar sehingga kita tidak punya pijakan kebudayaan dalam pendidikan kita.

“Seperti orang Indonesia yang tiba-tiba diajarkan tentang bunga Sakura dan musim salju. Secara sosio-kultural, tentu hal ini tidak tepat untuk diterapkan oleh pendidikan kita”, pungkasnya.

Pembicara kedua, Prof. Ki Supriyoko, M.Pd., menyambung analogi yang disampaikan oleh Indra Charismiadji untuk menggambarkan arah pendidikan Indonesia saat ini.

Baca juga :   ICMI Muda Kaltara Gelar Webinar Sebagai Bentuk Inisiasi Riset Dalam Bidang Pertanian di Kalimantan Utara

“Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada bung Indra, saya mau menyambung analogi tadi yang soal Gojek. Saya malah melihat kita punya ojeknya, tapi kita tidak punya aplikasinya. Kita punya ide untuk membawa pendidikan Indonesia ke depannya, tetapi kita tidak punya kekuatan untuk merealisasikannya”, ujarnya.

Ki Supriyoko, begitu sapaan akrabnya, membahas persoalan teknologi dan hubungannya dengan pengembangan kualitas pendidikan kita saat ini. Ia banyak menyinggung soal teori teknologi beserta dampaknya bagi perkembangan masyarakat.

“Kita harus sadar bahwa kita sekarang hidup di zaman serba teknologi. Menurut teori Digital Native, anak-anak kita yang baru lahir sudah lazim berhubungan dengan teknologi. Jadi kuncinya ada di penguasaan teknologi kalau kita mau pendidikan kita naik kualitasnya”, ujarnya.

Ki Supriyoko juga menekankan bahwa Ki Hadjar Dewantara selalu mengingatkan kepada bangsa Indonesia bahwa kita harus mengikuti perkembangan zaman. Tetapi yang perlu diingat, perkembangan zaman tidak bisa dihentikan, tetapi nilai-nilai kebudayaan yang luhur harus tetap dipertahankan.

“Nilai-nilai pendidikan budi pekerti, kekeluargaan, dan tut wuri handayani jangan sampai ikut tergerus oleh perkembangan zaman. Zaman boleh berubah, tetapi substansi pendidikan berupa nilai-nilai luhur masih harus tetap dipertahankan”, pungkasnya.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 945

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *