Klik NewsSosial Budaya

Lokasi Formula E di Jakarta Diumumkan Desember 2021

Setelah resmi menyandang tuan rumah gelaran Formula E, Pemprov DKI Jakarta akan segera mengumumkan lokasi penyelenggaraan balapan mobil balap listrik tersebut.

Direktur Pengelolaan Aset Jakpro sekaligus Managing Director Jakarta Eprix Gunung Kartiko mengatakan kepastian lokasi Formula E di Jakarta diumumkan sekitar Desember 2021 setelah melalui proses penentuan dari penyelenggara “Formula E Operation” (FEO).

“Kami optimis waktunya masih sesuai. Jadi Desember sudah ada penentuan,” kata Gunung Kartiko dalam tayangan langsung media sosial Jakpro di Jakarta, Senin (15/11/2021).

Menurut dia, penentuan lokasi membutuhkan proses karena trek balapan berada di ruas jalan tengah kota.

“Beda misalnya di Mandalika yang sudah ada area dan mereka tinggal bikin sertifikasi dari FIA, kalau di kami, pertimbangan di Kota Jakarta sengaja bikin sirkuitnya, jadi pertimbangan cukup beragam,” ucap Gunung.

Gunung menambahkan ada lima calon lokasi yang potensial digunakan sebagai lintasan balap mobil listrik, salah satunya di kawasan Senayan, Jakarta.

Baca juga :   Media Punya Peran Strategis Dukung Pembangunan KEK di Batam

Meski belum menentukan lokasi, Gunung menjelaskan lokasi balapan itu salah satu mempertimbangkan akses kemudahan kepada masyarakat.

“Dari lima itu belum kami putuskan, masih kami pelajari mana yang terbaik,” ungkap Gunung.

Walau begitu, Gunung mengungkapkan pihaknya sudah mencicil pembangunan infrastruktur untuk ajang Formula E sejak 2020

“Jadi nanti tinggal dirapikan jalannya seperti apa aspalnya, sisi barrier tinggal kita pasang. Jadi kalau sudah berjalan atau belum, kami sudah berjalan 2020,” imbuh Gunung.

Sebelumnya, ajang Formula E diadakan sekaligus untuk mendukung program Jakarta Langit Biru yang diusung oleh Pemerintah Daerah selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Formula E menjadi kesempatan menuju solusi untuk mengatasi polusi udara di wilayah perkotaan, terlebih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga gencar mensosialisasikan uji emisi kendaraan untuk menekan polusi udara.

Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap mobil listrik ABB FIA Formula E pada 2022 berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/11/2021) waktu setempat.

Baca juga :   Gelar Seminar Strategi Layanan Informasi di Era Global, Perpustakaan DPR Perkuat Kolaborasi di Kancah Internasional

Ketetapan tersebut sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke delapan pada 2021/2022.

Sesuai dengan kalender, Jakarta akan menjadi tuan rumah race ke-9 pada 4 Juni 2022. Race pertama akan digelar di Diriyah, Arab Saudi, pada 28 Januari 2022. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *