HeadlineKlik NewsSosial Budaya

Kampus Digital UICI Buka Peluang PMI Akses Pendidikan Tinggi

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menggelar webinar dengan tema “Pendidikan Tinggi Digital, Peluang dan Tantangannya bagi PMI”.

Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur melalui platform Zoom dan chanel YouTube UICI Official pada Sabtu (18/09/2021).

Wakil Kepala Perwakilan KBRI Kuala Lumpur Lumpur Agung Cahaya Sumirat dalam sambutannya mengatakan pendidikan digital akan memperluas akses pendidikan bagi warga Indonesia di mana pun berada, termasuk bagi pekerja migran di Malaysia.

Ia menyampaikan jumlah PMI di Malaysia saat ini mencapai sekitar dua juta, termasuk para PMI ilegal. Dari jumlah itu, mayoritas PMI belum mengenyam pendidikan tingkat tinggi.

“Dari jumlah ini, mayoritas dari warga kita ini memiliki tingkat pendidikan yang belum tinggi. Menyadari hal ini, seluruh perwakilan Republik Indonesia di Malaysia terus berupaya mengembangkan kapasitas PMI atau WNI yang dikerjasamakan dengan lembaga di Indonesia, termasuk pelatihan kewiraswastaan,” ungkap Agung.

Baca juga :   UICI Jalin MoU dengan KOPRABUH dalam Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi

Ia mengatakan kehadiran UICI menjadi tambahan kekuatan potensial untuk dikerjasamakan lebih lanjut dalam meningkatkan kapasitas PMI di Malaysia.

Sementara itu Koordinator Presidium Koprs Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Ahmad Riza Patria Riza mengatakan webinar seperti ini sangat penting.

Selain karena digitalisasi pendidikan adalah tuntutan zaman, kegiatan ini juga menandakan bahwa pendidikan itu adalah hak bagi setiap warga negara Indonesa.

“Terlepas dari apapun profesinya dan di mana pun domisilinya,” kata Riza.

Lebih lanjut Riza mengatakan bahwa pendidikan tinggi menjadi suatu hal yang penting bagi pekerja migran Indonesia.
Hal itu dikarenakan pendidikan menjadi sarana untuk meningkatkan daya saing para pekerja migran Indonesia dalam berkompetisi dengan pekerja asing negara lain.

“Saat ini daya saing tenaga kerja Indonesia masih perlu ditingkatkan dibandingkan negara tetangga, seperi Filipna. Kita berharap sosialiasi pendidikan digital ini mampu untuk terus mengajak para pekerja migran kita tertarik menempuh pendidikan tinggi. Sehingga kualitas tenaga kerja kita di luar negeri semakin baik, semakin tinggi dan mampu menjadi pekerja di sektor yang membutuhkan skil tinggi, demikian masa depannya semakin cerah,” imbuh Riza.

Baca juga :   UICI Bahas Masa Depan Pendidikan Berbudaya Digital Bersama Tiga Tim Pemenangan Capres-Cawapres

Sedangkan Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi KAHMI Ravik Karsidi mengatakan UICI hadir untuk memfasilitasi para pembelajar yang ingin melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi tanpa takut terbatas oleh tempat dan waktu, termasuk para pekerja migran Indonesia.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat bagi para pekerja migran Indonesia untuk belajar.

“Karena Pak Agung mempunyai wilayah yang cukup luas di berbagai negara bagian atau Kerajaan Malaysia ini, nanti mudah-mudahan diberikan kesempatan kepada para pekerja migran Indonesia untuk mendapatkan kesempatan belajar seluas-luasnya,” kata Ravik.

Webinar tersebut dibuka dengan keynote speaker Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Hadir sebagai narasumber adalah Rektor UICI Prof. Dr. Laode Masihu Kamaludin, M.Sc, M.Eng, dan Ketua Komnas HAM tahun 2014-2015 Prof. Hafid Abbas, dan moderator Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Mokh. Farid Maruf.

Sebelumnya, UICI juga menggelar webinar dengan PMI di Hongkong bekerja sama dengan KJRI Hongkong pada 29 Agustus yang lalu. (*)

Baca juga :   Segera Mendaftar! PMB UICI Batch 6 Gelombang 2 Masih Buka
Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,486

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *