Klik NewsPolitik

Diprotes Pemerintah Indonesia, Kedubes Jerman Tegaskan Kehadiran Staf Kedutaan ke Markas FPI Tidak Bermuatan Politis

Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman menegaskan kehadiran salah seorang stafnya ke markas Front Pembela Islam (FPI) tidak bermuatan politis.

Melalui keterangan tertulis yang dilansir dari Deutsche Welle, Senin (21/12/2020), Kedubes Jerman mengaku menyesal atas kesan yang ditimbulkan dari kunjungan staf tersebut.

“Kedutaan Besar Jerman menyesali kesan yang telah ditimbulkan peristiwa ini di mata publik serta mitra-mitra Indonesia kami. Kami menegaskan bahwa tidak ada tujuan politis apa pun di balik kunjungan tersebut,” terang Kedubes Jerman.

Pihak Kedubes Jerman menyatakan pihaknya senantiasa menjalin komunikasi dengan otoritas Indonesia. Mereka juga akan memberikan klarifikasi yang dapat dipahami pihak Indonesia.

“Kami tetap teguh berada di sisi mitra-mitra Indonesia kami,” lanjut keterangan tertulis tersebut.

Sebelumnya pemerintah Indonesia menyayangkan kehadiran Staf Kedubes Jerman tersebut ke markas FPI.

Pada Minggu (20/12/2020), Kementerian Luar negeri (Kemenlu) telah memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman di Jakarta untuk meminta klarifikasi dan menyampaikan protes atas kejadian tersebut.

Baca juga :   Orasi di Hadapan Apdesi, Anggota Baleg Terima Audiensi Demonstran

Dalam keterangan tertulis, kemenlu menyebutkan Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut adalah atas inisiatif pribadi.

Kehadiran staf tersebut bukan atas perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedubes Jerman.  Atas kejadian itu, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,261

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *