Kesehatan

Perubahan Cuaca? Begini Tips Menjaga Kesehatan

olahraga sebagai tips kesehatan/jawa.pos

Perubahan cuaca tak menentu  seperti saat ini dari musim panas panjang ke musim hujan hampir setiap harinya, mengaharuskan kita untuk lebih prihatin dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap stabil.

Menurut klikers bagaimana nih agar tubuh kita tetap mampu berperang menghadapi gempuran cuaca yang tak menentu? Tentunya tubuh kita perlu persiapan agar stamina tetap terjaga. Beberapa kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan imun tubuh menurun saat perubahan cuaca, seperti batuk flu, masuk angin, penyakit kulit (gatal-gatal), demam, malaria, infeksi, dan sebagainya.

Hal tersebut akibat adanya serangan bakteri dan kuman,  bisa jadi karena kondisi sekitar kurang bersih, nah untuk mengatasi beberapa kondisi di atas berikut ini beberapa tips kesehatan yang bisa kamu terapkan:

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi yang dimaksud tidak harus empat sehat lima sempurna ya sobat klikers, setidaknya ada sayur dan lauk yang cukup untuk menunjang kebutuhan tubuh dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

  1. Tidur cukup

Jika kamu sudah banyak melakukan kegiatan harian maka tubuh kamu perlu istirahat tidur yang cukup di malam hari untuk memakasimalkan kembali di pagi harinya, maksimal tidur di jam sepuluh malam.

  1. Minum air putih

Perbanyak minum air putih, jangan sampai tubuh kamu mengalami dehidrasi, sehingga kamu akan lebih mudah kelelahan.

  1. Cuci tangan teratur

Kebiasaan mencuci tangan memang susah seharusnya menjadi kewajiban, terlebih jika kamu sudah banyak melakukan aktivitas, juga sebelum makan. Hal tersebut untuk menghindari masuknya bakteri dalam tubuh kita.

  1. Olahraga

Sekali-sekali coba untuk berolahraga di hari libur minimal 2 kali seminggu, atau melakukan aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat dan racun di tubuh kita ya klikers.

Beberapa tips kesehatan harian yang simple di atas bisa kamu lakukan setidaknya meminimalisir datangnya sakit ditubuh kita. Karena nikmat yang enak itu adalah nikmat sehat, jika sehat semua bisa kita lakukan dan tentunya tidak terhambat. Apalagi menjelang tahun baru, semua jenis makanan harus menjadi pilihan terlebih dahulu sebelum masuk ke tubuh kita. Menjaga kesehatan sama dengan menjaga nyawa kita sendiri…

What's your reaction?

Related Posts

1 of 19

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *