Klik News

Elektabilitas Disalip AMIN, Ganjar Pranowo Jadikan Survei Litbang Kompas Pemicu untuk Berpacu Lebih Bagus Lagi

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomentar terkait elektabilitasnya disalip pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di survei terbaru Litbang Kompas. Ganjar mengataka hasil survei tersebut jadi pemicu untuk lebih bersemangat dalam melakukan konsolidasi.

“Tidak apa-apa. Jadi sebenernya ada survei-survei yang lain. Buat kami itu jadi pemicu saja agar kita bisa berpacu lebih bagus lagi. Karena waktu masih ada dan konsolidasi sekarang sedang dilakukan. Jadi kita tidak berkecil hati, tugas kita temui rakyat langsung, kita berkomunikasi dengan mereka,” ucap Ganjar, kepada wartawan, Senin (11/12/2023).

Ganjar juga mengatakan menjawab soal hasil survei Litbang yang menyebut pemilih PDIP bergeser. Dia mengatakan sudah ada konsolidasi internal partai pengusung.

“Kemarin sudah dikumpulkan dari sebelum survei ini di-launching. Kita sudah jalan karena kesadaran itu kita juga tahu hari ini akan ada Pemilu yang cukup banyak. Jadi ada pemilihan DPRD, kabupaten kota, Provinsi, Pusat, DPD dan tentu saja Pilpres,” jelasnya.

“Maka sekarang kita konsolidasikan. Banyak fakta di lapangan terjadi split tiket, jadi antara dia juga memilih caleg, dia juga memilih Presiden di partai berbeda. Nah posisi swing seperti inilah secara kepartaian sedang dikonsolidasikan oleh partai pendukung partai pengusung juga. Sehingga kawan-kawan sekarang sedang bekerja untuk itu,” ucap Ganjar.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis survei terbaru terkait elektabilitas capres-cawapres yang akan bertarung pada Pemilu 2024. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada pada posisi teratas dengan elektabilitas 39,3%.

Survei dilakukan Litbang Kompas pada 29 November hingga 4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak. Metode penelitian yaitu dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Sementara tingkat kepercayaan 95% dan margin of error penelitian +-2,65%.

Dilihat detikcom, Prabowo-Gibran mendapatkan 39,3% suara, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) 16,7% dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 15,3%. Sedangkan 28,7% belum menentukan pilihannya.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,263

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *