Global ReviewHukum-KriminalInternasionalKlik NewsPolitik

Jelang Pelantikan Presiden Baru Nigeria, Kapten Gourouza Lakukan “Percobaan Kudeta”

Pihak berwenang Nigeria umumkan bahwa ada “percobaan kudeta” yang telah digagalkan pada malam Selasa hingga Rabu (31/03/2021) di Niamey. Banyak penduduk ibu kota tiba-tiba terbangun pada pukul 3 pagi oleh tembakan senjata api yang berlangsung kurang dari setengah jam. Peristiwa ini terjadi di pusat kota, di distrik administratif, dekat Kementerian Luar Negeri dan kepresidenan. Pimpinan kudeta, Kapten Gourouza dikatakan sedang diincar pihak keamanan. Dia sekarang orang yang paling dicari di Nigeria.

Empat puluh delapan jam sebelum pelantikan Presiden baru Republik, penyelidikan untuk mengidentifikasi para pelaku dan kaki tangan “upaya kudeta” terus berlanjut. Menurut sumber yang menguatkan, setidaknya 15 tentara ditangkap untuk keperluan penyelidikan.

Para prajurit yang ditangkap selama penyerangan dan beberapa orang yang ditangkap di tempat lain mengaku berada di bawah perintah Kapten Gourouza, perwira angkatan udara ini yang menurut sumber lain, berhasil melintasi kota Niamey d timur ke barat, dari bandara ke bandara, lalu ke pinggiran istana presiden, dengan senjata berat tanpa terlihat.

“Kami telah melihat mereka datang selama beberapa minggu,” kata sumber keamanan tingkat tinggi. “Hari ini kami menghadapi mereka, mereka menembak tentara kami, “katanya. Kapten Gourouza, yang fotonya ada di media sosial, adalah orang yang paling dicari di Nigeria. Semua badan intelijen mengikutinya.

Di istana presiden, upaya pemberontakan ini tidak mengganggu fungsi normal institusi. Pada hari Rabu, Mahamadou Issoufou memimpin upacara pelantikan dua anggota baru Mahkamah Konstitusi dan mengucapkan selamat tinggal kepada staf kepresidenan.

Sumber: RFI

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,285