Global ReviewInternasional

Bahaya! Jepang Akan Buang 1 Juta Ton Air dari Tenaga Nuklir Fukushima ke laut

Jepang mengatakan akan membuang lebih dari satu juta ton air yang terkontaminasi pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke laut. Keputusan ini menuai kecaman keras dari China, Korea Selatan dan aktivis lingkungan dan kemungkinan akan memicu kemarahan dari industri perikanan.

Pembuangan air ini akan dimulai sekitar dua tahun ke depan dan diperkirakan akan memakan waktu puluhan tahun.

Tokyo Electric Power, yang mengoperasikan pembangkit tersebut, akan menangani proses pembuangan air ini.

“Atas dasar kepatuhan ketat terhadap standar peraturan yang telah ditetapkan, kami memilih pembuangan air yang terkontaminasi nuklir ini samudra,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan setelah menteri terkait meresmikan keputusan tersebut.

Kapasitas airnya yang setara dengan sekitar 500 kolam renang ukuran olimpiade telah diolah tetapi perlu disaring lagi untuk menghilangkan isotop berbahaya. Hasil saringan juga akan diencerkan untuk memenuhi standar internasional sebelum dilepaskan ke laut.

“Membuang air olahan merupakan tugas yang tidak terhindarkan untuk menonaktifkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Dai-ichi dan merekonstruksi daerah Fukushima,” kata Perdana Menteri Yoshihide Suga.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian luar negeri China menyebut langkah ini “sangat tidak bertanggung jawab” dan mengatakan pihaknya berhak untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Pemerintah Korea Selatan mengatakan rencana pembuangan ini “sama sekali tidak dapat diterima” dan akan mengajukan keluhan resmi kepada Jepang.

Pada demonstrasi di luar kedutaan Jepang di Seoul, Rob McBride dari Al Jazeera mengatakan beberapa pengunjuk rasa menganggap langkah tersebut sebagai “terorisme nuklir”. Taiwan juga telah menyatakan keprihatinannya tentang rencana tersebut.

Air yang akan dibuang ini mengandung isotop berbahaya dalam jumlah besar meskipun telah diolah selama bertahun-tahun, menurut TEPCO. Perusahaan berencana melakukan penyaringan lebih lanjut dengan hanya menyisakan tritium. Tritium merupakan isotop radioaktif hidrogen yang sulit dipisahkan dari air.

Sebuah artikel Scientific American melaporkan pada tahun 2014 bahwa menelan tritium dapat meningkatkan risiko kanker. Sementara itu, beberapa ahli mengkhawatirkan kontaminan lainnya.

“Kekhawatiran saya adalah tentang kontaminan radioaktif non-tritium yang masih tertinggal di tangki pada tingkat tinggi,” kata Ken Buesseler, ilmuwan senior di Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts kepada kantor berita Reuters.

“Kontaminan lain ini memiliki risiko kesehatan yang lebih besar daripada tritium dan lebih mudah terakumulasi dalam sedimen makanan laut dan dasar laut,” tambah Buesseler, yang telah mempelajari perairan di sekitar Fukushima.

Greenpeace Jepang mengatakan “sangat mengutuk” keputusan tersebut.

“Pemerintah Jepang sekali lagi mengecewakan rakyat Fukushima,” ujar Kazue Suzuki, juru kampanye perubahan iklim dan energi di Greenpeace Jepang, dalam sebuah pernyataan. “Pemerintah telah mengambil keputusan yang sepenuhnya tidak dapat dibenarkan. Pembuangan ini mencemari Samudra Pasifik dengan limbah radioaktif. Daripada menggunakan teknologi terbaik yang tersedia untuk meminimalkan bahaya radiasi dengan menyimpan dan memproses air dalam jangka panjang, mereka memilih opsi termurah. ”

Pada hari Senin, kelompok lingkungan mengatakan telah mengumpulkan 183.754 tanda tangan dari Jepang dan Korea Selatan dalam petisi yang menentang rencana tersebut.

Direktur Eksekutif Greenpeace International Jennifer Morgan mengatakan rencana pembuangan itu juga akan melanggar kewajiban Jepang berdasarkan Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) dan bahwa langkah itu akan “ditentang keras” dalam beberapa bulan mendatang.

Pengumuman rencana tersebut, yakni 10 tahun setelah pembangkit listrik tenaga nuklir hancur akibat tsunami yang dipicu oleh salah satu gempa bumi terkuat yang pernah tercatat, juga merupakan pukulan lain bagi industri perikanan di Fukushima, yang telah menentang kebijakan pembuangan air selama bertahun-tahun. Serikat nelayan mengatakan membuang air nuklir ke laut akan memiliki “dampak bencana” pada industri.

Lima pelapor khusus dari Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada bulan Maret bahwa air yang terkontaminasi tetap menjadi risiko dan bahwa rencana pembuangan laut tidak bisa menjadi “solusi yang dapat diterima”.

Air, yang digunakan untuk mendinginkan reaktor setelah meleleh pada Maret 2011, saat ini disimpan dalam tangki di dalam dan sekitar pabrik, di pantai timur laut Jepang.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mencatat bahwa Jepang telah menangani dampak bencana dalam “koordinasi erat” dengan Badan Energi Atom Internasional.

“Dalam situasi yang unik dan menantang ini, Jepang telah mempertimbangkan opsi dan efeknya, dan telah transparan tentang keputusannya dan tampaknya telah mengadopsi pendekatan yang sesuai dengan standar keselamatan nuklir yang diterima secara global,” kata Price dalam sebuah pernyataan.

Puluhan ribu orang dievakuasi setelah bencana 2011 dan PBB mengatakan sekitar 40.000 orang tetap tidak dapat kembali ke rumah mereka karena kontaminasi radioaktif. Penonaktifan pabrik dan pembersihan radiasi diperkirakan akan memakan waktu puluhan tahun.

Keputusan itu diambil sekitar tiga bulan sebelum Olimpiade Tokyo, yang ditunda setahun karena pandemi COVID-19. Beberapa acara direncanakan berlangsung di wilayah sekitar 60 kilometer (35 mil) dari pabrik yang rusak.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188