HiburanInfo KlikersPariwisata

Pantai Muara Indah Suak Lamsel, Wisata Cerdas Dilengkapi Cottage dan Ramah Anak

Bagi masyarakat yang ingin menikmati liburan wisata pantai yang ramah untuk keluarga dan anak-anak bisa mencoba Pantai Muara Indah Suak, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan (Lamsel).

Menariknya, wisata pantai yang menyuguhkan hamparan pasir putih dan kolam alami batuan karang tanpa arus ombak deras dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Suak bernama Jama Jaya.

Direktur BUMDes Jama Jaya Desa Suak, Encep Supriyadi menjelaskan, Pantai Muara Indah Suak menjadi salah satu unit usaha sektor pariwisata yang dikelola secara profesional oleh BUMDes.

“Segmennya keluarga makanya kita punya semboyan family smart destination atau pilihan cerdas untuk destinasi wisata,” kata Encep saat ditemui di lokasi wisata, Kamis (21/12/2023).

Encep melanjutkan, pantai berkonsep ramah anak itu memiliki pantai yang aman untuk berenang dengan batas pantai batuan karang alami juga penjaga pantai.

“Ada penyewaan ban, dilengkapi play ground gratis untuk menambah keceriaan anak-anak, hamparan pasir putih luas, petugas kebersihan stanby dan banyak pohon rindang. Jarang pantai yang sesejuk ini jadi masyarakat tidak perlu sewa gazebo,” sambung Encep

Encep menyebutkan, pantai tersebut dikelola secara profesional sejak bulan Februari tahun 2020 dikarenakan sebelumnyahanya buka saat hari libur nasional saja.

“Dan belum rapi seperti sekarang ini. Kita ada dua fasilitas cottage untuk masyarakat yang berkunjung dan menginap dengan pemandangan pantai, fasilitas ac, bed, handuk, air mineral, dan kamar mandi dengan air tawar,” urainya.

Seorang pengunjung asal Kabupaten Lampung Timur bernama Hanif mengaku, betah dan sudah berlangganan berlibur di Pantai Muara Indah Suak.

“Pantainya bersih dan aman untuk anak-anak. Sudah sering kesini, tahu dari saudara warga Sidomulyo,” singkatnya.

Kades Suak, Juli Wahyudin mengatakan, awalnya ia melihat potensi alam dan pantai yang bisa dikelola di Desa Suak lalu bermusyawarah dengan warga setempat.

“Kemudian kami bentuk BUMDes Suak Jama Jaya bekerja sama dengan masyarakat yuk kita sama-sama mengangkat potensi pantai di Desa Suak sebagai destinasi wisata,” ucapnya.

Secara keseluruhan, ada 5 obyek wisata di Desa Suak diantaranya Pantai Jipala, Muara Indah, Clara, Keramat, dan Cukuh Perak.

“Dukungan kami yang pertama tentunya memberikan motivasi, melakukan pembinaan bagaimana mengelola pariwisata dengan baik dan bagaimana masyarakat menyambut pengunjung untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban,” tandas Juli

Sementara, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Lamsel Ahmad Heru menambahkan, mereka telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah setempat, salah satunya bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

“Kita sering mengadakan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat di sekitar pantai untuk membuat usaha bekerjasama dengan koperasi dan UKM,” cetus Heru.

Heru menyatau, Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang memiliki program satu desa satu lokasi wisata dengan istilah one village one tourism.

“Dinas PMD mengembangkan Bumdes bekerjasama dengan Pokdarwis untuk mengembangkan tempat wisata,” timpal Heru.

Heru menyampaikan, sektor pariwisata masih terkendala akses jalan serta sarana dan prasarana yang ada di tempat wisata untuk terus berkembang.

“Harapannya pariwisata di Lampung Selatan ini lebih dikenal masyarakat di tingkat nasional maupun internasional,” tutup Heru.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 800

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *