Info Klikers

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang gelar lokakarya pendidikan guru penggerak

KLIKERS INDONESIA – Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 telah memasuki tahap yang akhir kegiatan dengan diselenggarakannya Lokakarya 7 “Festival Panen Hasil Belajar” yang merupakan satu tahapan untuk “memanen” hasil aksi nyata dan praktek terbaik bagi para Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 di sekolahnya masing-masing selama mengikuti Pendidikan dan “berbagi hasil panen” kepada pihak-pihak terkait.

Lokakarya 7 ini berlangsung selama 2 hari. Hari Jum’at, 26 April 2024 bertempat di Kampus ISBI Singkawang dan Hari Sabtu, 27 April 2024 bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang dengan jumlah total peserta sebanyak 36 orang.

Diketahui, pada hari pertama kegiatannya berupa kelas belajar CGP untuk berbagi aksi nyata, evaluasi program guru penggerak, identifikasi hal-hal positif, ide program, hingga persiapan rancangan teknis kegiatan pameran dari para CGP, juga memilih ketua komunitas belajar PPGP Angkatan 9 Kota Singkawang secara secara voting oleh CGP.

Sedangkan hari kedua, diisi dengan menerima tamu undangan dari unsur Pemerintah Daerah Kota Singkawang, Pj. Walikota Singkawang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Dewan Pendidikan Kota Singkawang, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah serta Komunitas Praktisi dilanjutkan dengan sesi kelas berbagi dan pameran hasil karya CGP.

Oktariana Dwi Wulandari, S.Pd., M.Pd. Ketua Tim Pendidikan Guru Penggerak yang mewakili Kepala BGP Kalbar dalam kesempatan itu memberikan laporan sekaligus sambutan mengenai rentang waktu Program Pendidikan Guru Penggerak yang telah melakukan kegiatan selama 6 bulan dan pada saat ini telah mencapai fase akhir.

“Dari 36 CGP yang ada di Kota Singkawang ini kami harapkan semuanya bisa lulus, karena selama hampir 6 bulan ini sudah banyak mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk kegiatan PGP ini. Kami menitipkan pesan untuk terus melakukan kolaborasi dan berbagi praktik baik dengan Pimpinan dan rekan sejawat di satuan pendidikannya agar terjadinya peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik ke depannya”, ujar beliau.

“Kami sangat berterima kasih kepada Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Barat dan jajarannya karena sudah sangat membantu terkait Program Guru Penggerak di Kota Singkawang yang membersamai kami hingga saat ini, demi meningkatkan kualitas guru yang ada di Kota Singkawang. Saya pun sangat bangga dengan hasil yang telah dicapai oleh para calon guru penggerak ini. Mereka telah menunjukkan bahwa dengan semangat dan inovasi mereka mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Singkawang.”, ujar H. Asmadi, S.Pd., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

“Luar biasa. Program-program unik dan inspiratif disini mencerminkan kualitas dari CGP yang ada di Kota Singkawang ini memang pilihan guru-guru terbaik”, ungkap Nur Fitriani salah satu pengunjung pameran.

Acara berjalan lancar dan mendapatkan respon positif dari para undangan. Ini berkat kerja cerdas dan kolaboratif antara BGP Kalbar, Fasilitator, Pengajar Praktik, CGP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang. Stand-stand pameran juga banyak menuai pujian dan apresiasi dari para undangan yang berkunjung berkat aksi nyata dan program-program inspiratif yang telah dilakukan.

Melalui Program Pendidikan Guru Penggerak ini diharapkan memperkuat peran guru sebagai agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Memberikan motivasi kepada guru lainnya, serta dapat menjadi pendorong bagi komunitas belajar.
Guru Penggerak harus tetap belajar dan mengembangkan diri agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Singkawang.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 783

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *