Info Klikers

Kemenpora Gelar Pelatihan Tulis Karya Ilmiah, Wujudkan Efektivitas Kompetensi Guru PJOK

JAKARTA, KLIKERS.ID – Dalam hal upaya peningkatan kompetensi, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Pelatihan Penulisan Karya bagi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK).

Mengutip pada lamam resmi Kemenpora.go.id, kegiatan itu bertempat di Hotel Milenium, Jakarta, pada tanggal 2-4 maret 2023.

Adapun, kegiatan tersebut diikuti oleh para guru PJOK perwakilan dari 38 provinsi di Indonesia dengan menghadirkan para pakar keolahragaan sebagai narasumber.

Selai itu, pelatihan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi para guru PJOK untuk menulis karya ilmiah. Kemudian, diharapkan mereka dapat berkontribusi pemikiran dalam pembangunan olahraga pendidikan.

Fery Hadju, Asdep Olahraga Pendidikan, menyebutkan pelatihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kompetensi daripada guru PJOK.

“Saya berharap mereka tidak hanya mahir praktek, tapi bisa berkontribusi pemikiran dalam pembangunan olahraga,” ujar Ferry, dikutip Jumat (03/03/2023).

Pentingnya yang dimaksud, untuk menciptakan kebijakan pembangunan keolahragaan yang berkulitas dan berbasis bukti khususnya, bidang keolahragaan pendidikan, diperlukan adanya hasil riset yang memadai.

Sementara itu, Suyadi, Sesdep Pembudayaan Olahraga membeberkan bagaimana pentingnya peran olahraga bagi peserta didik.

“Selain kesehatan dan kebugaran, olahraga, terutama olahraga pendidikan akan berperan besar dalam perkembangan personal seorang siswa,” kata Suyadi.

“Nilai-nilai yang diperoleh dari berolahraga, kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, sportivitas dan berbagai nilai lainnya menjadi bagian penting dalam pembangunan karakter siswa. Sangat disayangkan apabila angka partisipasi olahraga peserta didik di Indonesia masih rendah,” ujarnya menambahkan.

Pada dasarnya, menjawab kebutuhan tersebut Kemenpora terus mendorong lahirnya berbagai karya ilmiah olahraga pendidikan dengan memberikan ruang kepada para peneliti melalui Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia(JOPI). Sejak dilaunching oleh Kemenpora pada akhir tahun 2021, JOPI telah terbit sebanyak 3 kali.

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 778

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *