Info KlikersKlik NewsSosial Budaya

Hari Raya Idul Fitri Berpotensi Berbeda, Muhammadiyah : Tidak Perlu Dipermasalahkan

KLIKERS.ID – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, jatuh pada Jumat 21 April 2023.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir di kantornya, Jalan Cik Ditiro No 23 Kota Yogyakarta, hari ini, Senin 6 Februari 2023.

Penetapan 1 Syawal oleh Muhammadiyah ada kemungkinan berbeda dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Oleh karena itu Sekretaris PW Muhammadiyah Jawa Barat Jamjam Erawan menyampaikan bahwa tidak ada hal yang mesti dipermasalahkan. Penetapan tersebut didasari dengan penghitungan metode hisab wujudul hilal.

“Muhammadiyah dalam menentukan 1 Syawal 1444 H ini tetap menggunakan metode hisab wujudul hilal sehingga berdasarkan pada perhitungan yang cermat dengan pedoman itu, maka Muhammadiyah menetapkan 1 syawal 1444 H pada hari Jumat, 21 April 2023,” kata Jamjam saat dikonfirmasi, Jumat (14/04/2023).

“Namun perbedaan idul fitri ini bukan kejadian hanya saat ini, sudah beberapa kali kita berbeda dan berjalan dengan baik, harmoni dan menggembirakan karena diantara kami bisa saling menghormati, menghargai dan memuliakan hasil ijtihad masing-masing dengan alasan yang bisa diterima baik berdasarkan dalil naqli maupun dalil aqli serta menghindari pandangan merasa paling benar dari ijtihad itu,” jelasnya.

Dia menerangkan, dengan penetapan tanggal 1 Syawal yang jatuh pada hari Jumat 21 April 2023, warga Muhammadiyah sudah siap untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di beberapa tempat di Indonesia.

Untuk di tingkat PW Muhammadiyah Jabar sendiri, akan dipusatkan di Lapangan Lodaya Kota Bandung.

“Insya Alloh kami istiqomah dengan keputusan kami ini, warga Muhammadiyah akan menyelenggarakan idul fitri 1 syawal 1444 H pada hari jumat, 21 April 2023,” pungkasnya *)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,752

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *