Info Klikers

GPA Sumut Kerahkan Laskar Hawari Untuk Rayakan Milad Akbar Aljami’yatul Washliyah Ke- 93

Gerakan Pemuda Al Washliyah Sumatera Utara (GPA Sumut) siap kerahkan Laskar Hawari dalam menyambut hari lahir Al Washliyah yang ke- 93 tahun.

Al Washliyah adalah Organisasi Islam yang lahir pada tanggal 30 November 1930, milad akbar tersebut akan menghadirkan puluhan ribu massa, puncaknya pada tanggal 2 Desember 2023.

Nurul Yakin Sitorus dalam kesempatan tersebut menyampaikan, GPA Sumut siap menjadi garda terdepan mengawal dan mensukseskan perhelatan HUT Al Washliyah yang ke 93 tahun.

“Jauh – jauh hari kami sudah mempersiapkan ratusan Laskar Khusus Brigade Hawari yang sudah terlatih dari segi ilmu dan seni bela diri untuk mengawal dan mensukseskan kegiatan HUT Al Washliyah yang ke-93, “ungkap Yakin, Ketua PW GPA Sumut pada saat di wawancarai media pada Rabu 29/11/2023.

Lanjut Yakin, ia menjelaskan peringatan HUT ini, untuk mereflesikan nilai luhur para perjuangan pendiri Al-Washliyah.

“HUT yang ke-93 ini di peringati untuk mengenang dan mereflesikan nilai luhur para penjuang Al Washliyah dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Pada saat itu penjajah Belanda melakukan adu domba (Devide Et Impera) terhadap kelompokmasyarakat Indonesia, “urainya.

“Al Washliyah mampu menyatukan kedaulatan ummat yang terpecah akibat politik adu domba menjadi satu kekuatan yang berhasil mengusir penjajah. Bukan hanya sebuah berjuang saja tapi juga dengan tetesan darah dan air mata dan para ulama pendiri Al Washliyah ikut menyumbang pemikiran dalam memajukan dunia pendidikan tanah air, “terang Yakin.

Nurul Yakin juga menceritakan sedikit sejarah awal mula berdirinya Al Washliyah dan GPA hingga ada sampai saat ini.

“Melalui Debating Club Maktab Al-Islamiyah Tapanuli (MIT) yang didirikan Mei 1918, para ulama dan pelajar MIT sepakat mendirikan Al Jami’yatul Washliyah pada 30 November 1930. Kemudian dunia pendidikan Al Jami’yatul Washliyah mengalami perkembangan yang pesat hingga akhirnya melahirkan sebuah gerakan yang sebut Gerakan Pemuda Al-Washliyah (GPA) pada 11 januari 1941, “terangnya.

Dalam kesempatan itu, Yakin Sitorus menyebutkan nama para ulama pendiri Al Washliyah. Diantaranya, Tuan Guru Syeh H Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Syeh H Abdurrahman Syihab, Syeh H Ismail Banda, Syeh H Yusuf Ahmad Lubis, Syeh H Adnan Nur Lubis, Syeh H Syamsuddin, Syeh H Sulaiman dan lain-lainnya.

“Mereka para Syuhada yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan perjuangan pendidikan di tanah air. Mereka menanamkan semangat Nasionalis Religius dalam bingkai organisasi Al Jami’yatul Washliyah. Karena itulah, maka dari itu, demi melanjutkan semangat para syuhada kami, Gerakan Pemuda Al Washliyah siap mengkawal dan mensukseskan perhelatan HUT Al Washliyah ke 93 tahun ini, “pungkasnya

Tepatnya pada pada tanggal 30 November 2023, PW GPA Sumut akan mengawal kegiatan ziarah ke makam para alim ulama, pendiri dan pejuang Al Washliyah. Kemudian malamnya melakukan munajat dan puncak acara dan Laskar Brigade Hawari siap dan siaga penuh bersama aparat kepolisian dalam melakukan pengamanan.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 776

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *