Global Review

Thailand Usulkan Rencana Kerjasama saat Delegasi Investasi Saudi Kunjungi Bangkok

BANGKOK: Pemerintah Thailand mengajukan rencana kerja sama bilateral pada Selasa untuk meningkatkan hubungan dengan Arab Saudi. Hal demikian disampaikan juru bicara pemerintah ketika kelompok investasi terkenal dari Riyadh berkunjung di Bangkok.

Sebuah tim Saudi yang terdiri dari 150 pejabat perusahaan milik negara dan swasta yang dipimpin oleh Menteri Investasi Khalid Al-Falih menghadiri Forum Investasi Thailand-Saudi di Bangkok pada hari Senin.

Menyusul pembukaan kembali hubungan bilateral awal tahun ini, otoritas Saudi menyelenggarakan acara serupa di Riyadh pada Mei. “Hari ini, Kementerian Luar Negeri menawarkan rancangan rencana untuk mengembangkan hubungan bilateral antara Thailand dan Arab Saudi pada periode 2022-2024.” Dalam konferensi pers, wakil juru bicara pemerintah Thailand Ratchada Thanadirek mengatakan, “Rencana itu diajukan ke Kabinet, dan Kabinet menyetujuinya.”

“Mobilisasi untuk meningkatkan hubungan Thailand-Arab Saudi telah berlangsung sejak kunjungan kenegaraan resmi perdana menteri Thailand ke Arab Saudi awal tahun ini.”

“Kerja sama telah dimobilisasi dalam perdagangan, investasi, dan ekspor tenaga kerja Thailand ke Arab Saudi. Ini telah terjadi secara terus menerus.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa rencana kolaborasi akan ditandatangani dengan Arab Saudi selama kunjungan Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang dijadwalkan bulan ini.

Pemerintah Thailand telah meminta putra mahkota untuk menghadiri pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Bangkok pada 18 dan 19 November.

“Pemerintah Kerajaan Thailand dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan menandatangani nota kesepahaman tentang pembentukan Dewan Koordinasi Saudi-Thailand,” kata Thanadirek.

“Ini akan menjadi struktur untuk kerja sama, konsultasi, dan diskusi tentang hal-hal yang saling penting bagi Thailand dan Arab Saudi.”

Hubungan Saudi-Thailand berhenti pada 1980-an dan dihidupkan kembali pada akhir Januari setelah Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengunjungi Riyadh atas undangan putra mahkota.

Itu adalah pertemuan pertama para pemimpin tertinggi kedua kerajaan dalam lebih dari tiga dekade.

Banyak kesepakatan dan kunjungan formal telah terjadi sejak pemulihan hubungan. Sejumlah perjanjian kerja sama juga telah ditandatangani oleh kedua pemerintahan.

Politik, keamanan, prosedur imigrasi, kerja sama energi, petrokimia, makanan, konstruksi, dan ekspor barang konsumen, dan kerja sama dalam e-sports dan pariwisata olahraga adalah bagian dari tujuan saat ini untuk memperluas hubungan.

“Pemilik bisnis Thailand akan mendapat banyak manfaat dari ini,” kata Thanadirek.

Menurut Visit Limlurcha, wakil ketua Kamar Dagang Thailand, yang menghadiri Forum Investasi Thailand-Saudi pada hari Senin, ketergantungan Arab Saudi pada impor makanan menciptakan prospek bagi eksportir Thailand.

Meskipun Arab Saudi adalah salah satu negara paling aman pangan di dunia, arab ini sangat bergantung pada impor untuk memenuhi sekitar 80% dari permintaan pangannya.

“Makanan adalah salah satu barang impor terpenting ke Arab Saudi.” “Mereka terutama fokus pada impor makanan,” kata Limlurcha, ketua Komite Makanan Olahan dan Makanan Masa Depan Thailand.

“Selain makanan halal, kami menawarkan berbagai macam makanan yang dapat memenuhi kebutuhan Arab Saudi.”

Dia melihat kemungkinan ekspor di industri lain juga, seperti komponen mobil, kosmetik, dan perhiasan.

Thailand, yang memiliki kompetensi lama dalam promosi pariwisata, dapat berinvestasi di Arab Saudi di sektor perhotelan.

“Industri pariwisata dan hotel adalah tempat Arab Saudi ingin Thailand berinvestasi lebih banyak.” “Arab Saudi berusaha untuk membuka negara mereka dan menyambut lebih banyak pengunjung,” kata Limlurcha.

Dia mencatat bahwa forum hari Senin memberi bisnis Thailand kesempatan untuk berjejaring dengan rekan-rekan Saudi.

“Suasana di forum kemarin sangat meriah,” katanya.

“Pembukaan kembali hubungan akan memberikan prospek yang luar biasa bagi pengusaha di Thailand dan Arab Saudi.” Arab Saudi memiliki sejumlah besar bisnis yang ingin berinvestasi.

“Sebelumnya, status hubungan membuat perdagangan menjadi tidak mungkin, tetapi hari ini peluang mengetuk pintu kami,” lanjutnya.

Sumber: Arab News

What's your reaction?

Related Posts

1 of 75

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *