BloggerHiburanSosial BudayaSpesial Klik

Salah Satu Tasbih Terpanjang Ada di Kota Bengkulu

Tasbih Raksasa di Pintu Batu Kota Bengkulu/Dokumen Pribadi.

Tasbih Terpanjang atau raksasa yang terbuat dari buah labu kayu atau maja kali ini datang dari bengkulu. Seni rupa kali ini biasa dijuluki dengan nama tasbih raksasa oleh masyarakat Bengkulu dan masih terawat di kediaman pemiliknya yaitu pak Buyung Sudarmansyah di kelurahan pintu batu.

Dari penyampaian pak Buyung yang saya temui langsung di rumah kediamannya mengukir karya seni ini, tasbih raksasa ini dibuat pada tahun 2002 silma. Tasbih raksasa ini memiliki panjang32 meter dan mempunyai berat 50 kilogram.

Tasbih raksasa ini berwarna ke emasan, akan tetapi ada alasan unik di balik timbulnya ide Buyung Sudarmasnyah dalam membuat tasbih raksasa. 

Pria yang akrab disapa Buyung menceritakan, menyampaikan alasan membuat tasbih raksasa itu dikarenakan mayoritas masyarakat di Bengkulu adalah beragama islam.

Kemudian pak buyung mempunyai ide cemerlangnya untuk membuat sebuah tasbih besar berukuran raksasa yang identik dengan umat islam. Buyung mengungkapkan bahwasanya ia berkeinginan memperkenalkan Bengkulu lewat karnyanya yang bernuansa religi.

Ternyata dalam pembuatan tasbih ini Buyung membutuhkan waktu selama satu minggu. Namun tidak hanya itu klikes, beragam jenis karya seni seperti dol, tarian dan di iringi senandung shalawat di gaungkannya untuk memperkenalkan Bengkulu melalui karjyanya .

Ternyata pak Buyung Yang sudah bersusia 65 tahun ini sudah berkarya dari tahun 90-an dari beliau belum menikah sampai saat ini. Namun sepertinya dari ungkapan Buyung, untuk mendorong keberlangsungan niat baik dan karyanya itu,perlu adanya sopport dan bantuan dari pemerintah Kota Bengkulu.

sudah banyak karya yang ditorehkan oleh beliau di nasional, senang sekali rasanya dapat berkunjung ngobrol dan melihat berbagai jenis karya beliau.

Melihat Jenis Karya Seni Buatan Buyung Sudarmansyah/Dokumen Pribadi.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 942

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *