Special Klik

Kereta Bandara Soetta Ditargetkan Sudah Beroperasi Pertengahan Tahun Ini

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa kereta Bandara Soekarno-Hatta akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2017.

“Kereta Bandara Soekarno-Hatta ini akan beroperasi kurang lebih pada bulan Juli tahun ini,” kata Menhub dalam keterangan persnya, Senin (13/03/2017).

Oleh katena itu, pembangunan stasiun terus digenjot dan ditargetkan selesai pada bulan Juni 2017.

Nantinya, kereta Bandara Soetta akan mengangkut kurang lebih 33.000 penumpang per hari atau sekitar 20% dari jumlah penumpang bandara.

Menhub berharap kereta bandara ini lebih bisa intensif lagi agar nantinya dapat mengangkut penumpang lebih banyak lagi.

Baca Juga:

Truk Angkut Barang Tak Boleh Lewat Tol

Mulai Tahun Ini Mobil Terbaru Mercedes Benz Dirakit di Indonesia

Pertemuan Jokowi dan Shinzo Abe Soal Kereta Cepat hingga Teh Hangat

Lebih lanjut disampiakan Budi Karya, pihaknya kereta selain kereta Bandara Soetta, saat ini juga tengah dikebut pembangunan Automated People Mover System (APMS).

APMS ini akan melayani penumpang antar terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta secara otomatis tanpa masinis atau jenis driverless.

“Insya Allah Juni 2017 jalur 1 antara terminal 2 dan 3, selanjutnya akan selesai semua kurang lebih September 2017,” beber Menhub.

Mengenai tarif kereta Bandara Soekarno-Hatta, Menhub mengatakan tarif batas atas kereta ini yaitu Rp 100 ribu. Saat ini baru Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara yang telah mengoperasikan kereta bandara.

Tahun ini, ditargetkan Kota Padang akan segera memiliki kereta bandara yang kemungkinan akan dioperasikan pada Agustus 2017. Ke depan kata Menhub Jogja dan Solo nantinya juga akan dilengkapi kereta bandara.

[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556