Special Klik

Kapal Berbendera Vietnam Tabrak Kapal Nelayan di Laut Jawa, 15 ABK Hilang

tuban

Kliksaja.co – Tabrakan terjadi antara Kapal MV Thaison 4 yang berbendera Vietnam dengan Kapal KM Mulya Sejati, hari Sabtu (19-11-2016) sekitar pukul 04.00 WIB.

Lokasi tabrakan berada di perairan Laut Pulau Jawa pada titik kordinat 06.33.03.5/112 derajat, 09 derajat .08 derajat (22 mil utara Tuban). Kedua kapal tersebut terbalik dan tenggelam. Hingga Sabtu sore, (19-11-2016), sebanyak 12 nelayan telah ditemukan dan dibawa menggunakan kapal Dian Radian ke Pelabuhan Sorbes, Lamongan.

Sementara, sisanya yakni 15 nelayan masih dalam pencarian. Kasat Polair Polda Jatim, AKBP Heru Prasetya menjelaskan, pencarian masih dilakukan Polair Lamongan.

Sementara, Kasat Polair Polres Lamongan, AKP M Fadelan memutuskan menghentikan sementara penyisiran dan pencarian korban tabrakan kapal.

“Evakuasi penyisiran dan pencarian, dilanjutkan besok,” ujar AKP M Fadelan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Tuban akan melakukan pencarian ke-15 nelayan sampai ke Perairan Rembang (Jawa Tengah). Hal tersebut dilakukan lantaran informasi dari BMKG, arah angin ke arah barat sesuai posisi perairan Rembang di sebelah barat Tuban.

Kabid Kedaruratan dan Ligistik BPBD Tuban, Syaefiudin juga mengimbau kepada nelayan di sekitar Pantai Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban apabila menemukan korban supaya menyampaikan ke call center di (0356) 327922.

Kapal MV Thaison 4 berbendera Vietnam Gt 8216 aimo 9370587 ini diketahui memuat 22 ABK asal Vietnam dan menabrak dari belakang kapal nelayan KM Mulya Sejati yang berpenumpang 27  nelayan asal Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

“Ke-12 nelayan korban tabrakan kapal sudah dibawa ke Pelabuhan Sorbes Lamongan. Untuk evakuasi dan menuju titik kecelakaan Tim SAR membutuhkan kapal kapasitas besar, “ ungkap Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono.[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556