Special Klik

Ini Dia, Jadwal Dan Materi Debat Capres-Wapres Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menetapkan media penyiaran yang akan menyiarkan debat calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2019. Oenetapan ini dilakukan melalui proses pengundian, Rabu (26/12/2018).

Dalam sebuah rapat terbuka yang dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, hadir perwakilan 18 media penyiaran serta Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Dalam rapat, terpilih media penyiaran TVRI, RRI, KompasTV serta RTV sebagai penyelenggara bersama debat I yang akan diselenggarakan 17 Januari 2019.

Berikutnya, terpilih RCTI, GTV, MNCTV serta INewsTV sebagai penyelenggara debat II, (17 Februari 2019). Serta secara berurutan terpilih penyelenggara media penyiaran untuk debat III (17 Maret 2019), TransTV, Trans7, CNN Indonesia TV, Debat IV (30 Maret 2019), MetroTV, SCTV dan Indosiar, serta Debat V, tvOne, ANTV, BeritaSatuTV serta NET TV.

“Jadi sudah terpilih untuk debat pertama dengan tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat kedua dengan tema energy dan pangan, sumberdaya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Debat keempat ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional. Dan debat kelima dengan tema ekonomi kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan dan industri,” kata Ketua KPU Arief Budiman.

Baca juga :   Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Presiden Jokowi Soroti Peran Penting UMKM

“Meski demikian televisi lain yang tidak bertindak sebagai penyelenggara dapat melakukan relay acara tersebut,” lanjut Arief.

Sebelumnya proses pengundian media penyiaran debat sendiri dilakukan secara adil dan transparan. KPU mempersilakan perwakilan dari lima grup media penyiaran untuk terlebih dahulu mengambil nomor urutan pengundian. Dari nomor urut yang didapat mereka kemudian secara bergantian mengambil kembali nomor sebagai penyelenggara debat.

Sementara itu pada rapat yang juga dihadiri Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari, Wahyu Setiawan, Evi Novida Ginting serta Kepala Biro Teknis dan Hupmas Nur Syarifah ini juga disampaikan rencana untuk memberi ruang bagi tim pasangan calon menyampaikan visi dan misi calonnya kepada masyarakat.

Penyampaian visi misi ini direncanakan akan berlangsung pada 9 Januari 2019 atau jelang satu minggu sebelum proses debat berlangsung. Untuk memaksimalkan kegiatan ini sehingga dapat diketahui oleh masyarakat luas, maka prosesnya juga akan disiarkan oleh media penyiaran yang ada di Indonesia. (*)

Baca juga :   Jelang Pelantikan Presiden Dan Wapres Terpilih, Jokowi Minta Segera Persiapkan Diri

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *