HeadlineSosial BudayaSpecial Klik

Bhavana Ethnic Jalani Persiapan Penuhi Undangan World Music Class 2023 Di Malaysia

MataramBhavana Ethnic jalani persiapan untuk memenuhi undangan World Music Class 2023 di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI), Selasa (24/10/2023). Beberapa karya world music rencananya akan dipresentasikan di Tanjong Malim pada Sabtu (28/10) mendatang di hadapan civitas akademik UPSI.

Kegiatan yang seyogyanya diselenggarakan pada bulan Juni lalu sempat tertunda oleh karena kendala teknis. Kegiatan kali ini menjadi satu rangkaian peringatan hari Guru Sedunia yang diselenggarakan oleh Fakulti Muzik dan Seni Persembahan UPSI Malaysia. World Music Class 2023 mencakup kegiatan workshop dan pementasan world music dengan kelompok Bhavana Ethnic sebagai pemateri utamanya.

“Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan hari guru sedunia di UPSI. Dan kebetulan UPSI juga memiliki hubungan baik dengan Pemerintah Provinsi NTB. Saat ini UPSI sendiri telah meluluskan 6 mahasiswa postgraduate bidang musik dan seni pesembahan dari NTB. “ Jelas Prof. Madya Dr. Muhammad Fazli Taib Bin Saerani yang akrab disapa Dr. Faz saat dihubungi klikers, selaku Dean Fakulti Muzik dan Seni Persembahan UPSI Malaysia (24/10).

Prof. Madya Dr. Muahmmad Fazli Taib Bin Saerani, Dean Fakulti Muzik dan Seni Persembahan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

Kegiatan ini menjadi ruang untuk saling bertukar gagasan. Karena Bhavana Ethnic sendiri telah berhasil menjadi salah satu pemenang di kegiatan perlombaan inovasi musik di Indonesia. Dan kebetulan UPSI Malaysia memiliki hubungan baik dengan pemprov NTB saat ini.

“Semoga kegiatan ini menjadi tempat yang baik untuk saling bertukar ide gagasan terutama soal musik. Karena Bhavana sendiri pernah menjadi salah satu pemenang lomba inovasi musik di Indonesia.” Jelasnya Dr. Faz

Bhavana ethnic dalam kegiatan kali ini didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, melalui kelola dana abadi program Danaindonesiana Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kelompok ini mendapat dukungan dari skema program Fasilitasi Bidang Kebudayaan Interaksi Budaya Internasional.

Prof. Madya Dr. Muahmmad Fazli Taib Bin Saerani, Dean Fakulti Muzik dan Seni Persembahan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

Kegiatan ini menjadi misi kebudayaan yang penting bagi kelompok Bhavana Ethnic. Melalui kegiatan ini, kelompok asal Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) ini dapat menjalankan misi diplomasi kebudayaan di tengah civitas akademik di UPSI Malaysia. Melalui kegiatan ini Bhavana Ethnic berharap dapat menyebarluaskan kekayaan budaya Indonesia melalui proses inovasi musik.

“Bagi kami, ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan kebudayaan kita. Melalui proses kreatif dalam menciptakan inovasi musik.” Jelas Gde Agus, salah satu founder Bhavana Ethnic (24/10).

Menurut Gde Agus, di NTB banyak dijumpai komunitas-komunitas kreatif, dan hal ini tentunya juga dapat manjadi salah satu motivasi tersendiri bagi masyarakat untuk berproses. Memperkaya khasanah budaya dan semakin memperkuat identitas bangsa.

“Di NTB ini banyak sekali komunitas kreatif, dan saya berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan asupan motivasi untuk temen-temen semua untuk terus berproses. Mengembangkan kekayaan budaya yang dimiliki untuk memperkuat identitas bangsa.” Jelas Gde Agus

Bhavana Ethnic sendiri merupakan komunitas bermusik yang beralamat di Jl. Sedap Malam 1B Mataram. Komunitas ini digawangi oleh Giyanto (Anto) dan Gde Agus Mega Saputra, dan memfokuskan diri untuk menggarap komposisi dengan genre World Music. Tampil di berbagai panggung festival dan pernah menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Inovasi Musik Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tahun 2022 lalu.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 744

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *