Regional

Walikota Padangsidimpuan: Hardiknas Jadi Momen Merenungkan Kembali Ajaran Ki Hadjar Dewantara

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kota Padangsidimpuan digelar di Stadion H.M. Nurdin, Kamis (02/05/2019) dengan tema”Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Walikota Padangsidempuan Irsan Efendi Nasution SH bertindak selaku inspektur upacara, sekaligus membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhajir Efendi.

Dalam pidatonya ia mengatakan bahwa, peringatan hardiknas adalah momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran Ki Hadjar Dewantara.

“Gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental, yang adalah pengejawantagan program nawacita presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” katanya.

Selanjutnya ia berharap, dunia pendidikan dan kebudayaan untuk terus-menerus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Agar kedepan anak-anak bangsa juga tidak ketinggalan dengan perkembangan yang ada, karena lewat pendidikan menjadi modal memajukan bangsa,” pungkasnya.

Peringatan Hardiknas tersebut dihadiri oleh para pejabat dan ASN di jajaran Pemkot Padangsidimpuan, pejabat dan anggota TNI, Polri, tokoh pendidikan, dan para siswa.

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *