Klik NewsRegional

ORKESTRA, Bekali Masyarakat Jabar dengan Membaca dan Menulis Sehat.

Gerakan nasional baca tulis sehat yg seminggu lalu dideklarasikan Orkestra di Jakarta, kali ini dilànjutkàn dengan pembekalan materinya di wilayah Jawa Barat.

Senin, 11/03/2019, di salah satu hotel di Bandung, ORKESTRA, memberikan àrahan TOT (Training of Trainer) membaca dan menulis sehat.

TOT mengundang warga masyarakat dari berbagai unsur. Mulai pedagang kecil, UKM, pekerja migran, penulis, digital marketer serta fasilitator penyedia air minum dan sànitasi berbasis masyarakat.

Mereka, secara àntusias mengikuti TOT yang datang dari berbagai penjuru di Jawa Barat – Sumedàng, Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat hingga Karawang dàn Purwakarta.

Dalam kesenpatan itu, Poempida Hidayatulloh selaku Ketua Umum Orkestra menyampaikan ide awal soal gerakan nasional tersebut.

Menurutnya, gerakàn nasional baca tulis sehàt ini muncul karena didasari oleh keprihàtinannya terhadap budaya membaca dàn menulis secara sehat dari warga masyarakat yang kiàn terkikis.

“Daya eksplorasinya menurun, padahal kemudahan dan perbendaharaan sumber bacaan dan informasinya melimpah”. tegas Poempida.

Baca juga :   Jelang Pilkada DKI, Anies, Ahok, Ridwan Kamil, Heru, Sandi, Sahroni, Kaesang dan A Riza Patria Disebut Berpeluang Jadi Kandidat

Keengganan masyarakat menelusuri lebih dalam soal informasi maupun bacaan yang ada, bisa disusupi oleh kepentingàn tertentu untuk mengaburkan fakta dari informasi maupun bacaan yang ada.

Jika ini yang tetjadi, basis keraguan dan ketidakpercayaan warga masyarakat terhadap informasi dàn bacaan yang bermutu semakin tinggi.

Dampaknya, penyampaian informasi ataupun bacaan semakin sulit diterima publik.

Karenanya, “ORKESTRA menjadi yang terdepan untuk memberikan edukasi ke publik akan pentingnya membaca dan menulis secara sehat ini”, ujarnya.

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,432

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *