Regional

Jateng Raih Penghargaan Provinsi dengan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Terbaik 2019

Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai provinsi dengan perencanaan dan pembangunan daerah (PPD) terbaik 2019.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di sela pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional, di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (09/05/2019).

Jateng juga mendapat tiga penghargaan lain, yakni untuk PPD Tingkat Kota, dimana Semarang berhasil mengungguli Kota Denpasar (Bali) dan Kota Makassar (Sulawesi Selatan).

Sementara Kabupaten Temanggung berada pada peringkat kedua setelah Kabupaten Tanah Datar (Sumatera Barat), dan kategori  Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) diraih PDAM Tirta Moedal Semarang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Jateng Prasetyo Ariwibowo mengatakan reformasi birokrasi yang dipelopori Gubernur Jateng menjadi kunci penerimaan penghargaan ini.

“Jateng unggul dari sisi perencanaan, inovasi, penurunan kemiskinan, integrasi program dan kelembagaan yang efektif dan reformatif,” katanya.

Ditambahkan, Jateng berhasil mengungguli 33 provinsi lain di Indonesia, dan menempatkan Provinsi Jawa Timur serta Provinsi Sumatera Selatan secara berurutan berada di posisi dua dan tiga.

Pada tingkat kota dan kabupaten, Prasetyo mengatakan dua wilayah di Jateng juga berhasil jadi yang terbaik.

“Untuk Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat kabupaten, Temanggung berhasil jadi yang terbaik kedua. Sementara Kota Semarang menyabet PPD Terbaik dan Penerapan KPBU terbaik,” ujar Prasetyo. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *