Regional

Habib Sting, Ahli Waris Mbah Priuk Temui Ahok Bahas Wisata Religi Makam Mbah Priuk

Habib Abdullah Sting Alaydrus atau biasa dipanggil Habib Sting. Dia adalah ahli waris Habib Hasan Muhammad Al Hadad (Mbah Priok).

Jumat (17-02-2017), Habib Sting mendatangi Balaikota yang disebutnya merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya pada Selasa (14-02-2017), Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengunjungi makam Mbah Priok.

Ke Balaikota, Habib Sting didampingi muridnya Eko Iswandi menemui Ahok.

Menurut Eko Iswadi, muridnya Habib Sting, pertemuannya dengan Ahok, masih membahas rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan menjadikan Makam Mbah Priok menjadi tempat Wisata Religi di Jakarta.

“Kita terimakasih banyak, Pak Basuki sudah mau datang menempati janjinya supaya makam Mbah Priuk sebagai cagar budaya dan sebagai tempat wisata religi di Jakarta. Berharap warga Jakarta tak jauh-jauh lagi untuk berwisata religi. Kepemilikan lahan Mbah Priok juga tidak menjadi masalah. Sudah gak masalah. Makam tersebut sudah milik Mbah Priuk. Tidak ada masalah dengan yang lain. Konsepnya sudah semua,”ungkap Eko Iswadi.

Sementara itu Pemprov DKI segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai penetapan Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, SK Gubernur dikeluarkan agar memiliki kekuatan hukum. Karena kawasan tersebut sudah diberikan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

“Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI akan segera membuat SK Gubernur. Saya minta untuk segera diterbitkan,” kata Ahok, Jumat (17-02-2017).

Ahok juga mendorong ahli waris Mbah Priok untuk segera membuat yayasan. Yayasan harus melibatkan ahli waris dan pengurus. Diharapkan ke depan tidak ada lagi permasalahan mengenai status lahan.

“Kemudian izin lokasi untuk mendapatkan sertifikat dari BPN,”ujarnya.

Sebelumnya, saat berkunjung ke makam Mbah Priuk pada Selasa (14-02-017), Ahok menjanjikan menetapkan kawasan ini sebagai cagar budaya. Keputusan tersebut diambil setelah melakukan pertemuan dengan pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan Badan Pertanahan Negara (BPN) Kantor Wilayah DKI Jakarta.

Kata Ahok, masyarakat sekitar mengharapkan kawasan makam Mbah Priuk menjadi cagar budaya. Proses penetapannya nantinya akan dipercepat agar pada bulan ini sudah dapat selesai prosesnya.

 

[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396