Info KlikersPariwisataSosial BudayaTraveller

Apa Beda Hotel Syariah dengan Konvensional? Dimana Sajakah Hotel Syariah di Indonesia? Simak Penjelasannya

Pada dasarnya hotel syariah memiliki fungsi dan tujuan yang sama dengan hotel konvensional yaitu memberikan kenyamanan hunian bagi para tamu dalam waktu sementara. Trend hotel Syariah di Indonesia saat ini sedang meningkat.

Lalu apa yang membedakan hotel syariah dengan hotal konvensional? simak berikut penjelasannya dan 5 daftar hotel syariah di Indonesia.

Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No. 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah menjelaskan bahwa usaha hotel syariah adalah penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di dalam suatu bangunan yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan memperoleh keuntungan yang dijalankan sesuai prinsip syariah.

Jadi secara singkat hotel Syariah merupakan hotel yang menjalankan layanan dan fasilitas dengan prinsip-prinsip syariah atau prinsip islami.

Perbedaan yang sangat menonjol dapat kita lihat dari layanan, cara penyajian  serta fasilitas yang disediakan yang pasti berkonsep islami. Ini dia beberapa layanan dan fasilitas yang disediakan di hotel Syariah :

  • Makanan dan minuman bersertifikasi Halal
  • Tersedia alat sholat di kamar hotel
  • Tidak ada Bar
  • Tamu selain beragama islam boleh menginap
  • Kolam Renang yang tertutup dan jam pemakain yang terpisah antara wanita dan pria

Adapun beberapa syarat untuk menginap di hotel syariah yang perlu dipersiapkan :

  • Membawa buku nikah bagi pasangan lawan jenis
  • Tidak boleh membawa alkohol dan makanan non halal

Itulah sekilas penjelesan mengenai hotel syariah. Berikut ini beberapa rekomendasi hotel syariah yang tersebara di Indonesia :

Hotel Syariah Solo

Hotel ini adalah Hotel Syariah bintang 4 di Indonesia. Memiliki tidak kurang dari 350 lebih kamar minimalis modern dan berlokasi di dekat Bandara Adi Soemarmo Solo. Hotel ini tersusun dari 12 lantai yang memiliki tiga tipe kamar. Superior, Deluxe dan Family Suite Room.

Selain memiliki variasi tipe kamar, Hotel ini juga memiliki 3 ballroom di lantai 11 dan ruang pertemuan di lantai 2 yang dapat menampung sampai 700 orang.

Hotel Syariah Solo menyajikan makanan dan minuman yang sudah pasti halal. Selain itu, di setiap lantai Hotel ini juga ada fasilitas Musholla menyuarakan Adzan saat memasuki waktu shalat.

Noor Hotel Bandung

Resmi dibuka sejak bulan Februari tahun 2015, Noor Hotel sukses mencuri perhatian masyarakat, khususnya dari kalangan para traveller yang aktif di berbagai media sosial.

Pasalnya, Hotel yang berada di Jalan Madura, Bandung ini disebut-sebut sebagai tempat yang instagramable. Memiliki desain interior ruangan yang unik, dengan tidak meninggalkan sentuhan-sentuhan bergaya islami namun tetap berkesan futuristik.

Salah satunya bisa kita temui pada bagian kamar. Ada sebuah dinding besar menyerupai kubah masjid yang menjadi sekat untuk mencapai balkon. Hotel ini memiliki beberapa tipe kamar seperti Executive King Room, Executive Twin Room, Deluxe King Room, dan Deluxe Twin Room.

Hotel Sofyan Jakarta

Hotel ini menawarkan pelayanan superior, dengan fasilitas yang memanjakan tamu. Selain itu, semua kamar tamu memiliki sejumlah fasilitas untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada para tamu yang menginap.

Waktu penggunaan tempat berolahraga juga diatur agar pria dan wanita tidak beraktivitas bersamaan.

Bahkan, channel TV yang tersedia hanya yang layak untuk ditonton. Perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, Al-Quran dan buku berisi doa-doa sudah tersedia di dalam kamar.

Bayt Kaboki Hotel Bali

Hotel ini merupakan Hotel Syariah pertama di Bali. Hotel ini resmi dibuka pada bulan Desember tahun 2013. Bayt Kaboki Hotel ini berada di lokasi yang sangat strategis, yakni di dekat Simpang Dewa Ruci (Simpang Siur Kuta) atau sekitar 15 menit dari bandara Ngurah Rai, Bali.

Hotel ini tergabung dalam Asosiasi Hotel dan Restoran Syariah Indonesia (AHSIN), sehingga hotel ini murni melakukan bisnisnya dengan prinsip syariah.

Soal kuliner? Tidak perlu khawatir, karena menu yang disajikan juga sudah pasti terjamin halal. Hotel ini  memiliki empat tipe kamar, Superior, Deluxe, Superior Suite, dan Deluxe Suite. 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,754

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *