Klik NewsPolitik

PPKM Level 4 Diperpanjang, Mall di kota ini Dibuka dengan Syarat

Pemerintah resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menahan laju penambahan kasus COVID-19.

Perpanjangan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan.

“Atas arahan bapak Presiden maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual pada Senin (08/08/2021).

Terkait dengan aturan dalam perpanjangan PPKM ini, Luhut mengungkapkan rencana pembukaan mall/ pusat perbelanjaan di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mall/pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan,” kata Luhut.

Luhut menyampaikan mall/ pusat perbelanjaan akan dibuka dengan kapasitas 25 persen. Selain itu, hanya warga yang sudah divaksin yang diizinkan masuk.

“Hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke ‘mall’ dan harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, anak umur di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam pusat perbelanjaan,” ungkap Luhut.

Baca juga :   Adang Darajatun Apresiasi Peran Aktif Kaum Perempuan Dalam Donor Darah

Selain itu, untuk industri esensial berbasis ekspor, akan disusun protokol kesehatan agar mulai 17 Agustus 2021 untuk beberapa kota di level 4 dapat menerapkan 100 persen staf yang dibagi minimal dalam 2 shift.

“Penyesuaian di level 4 dilakukan juga untuk tempat ibadah. Dalam perpanjangan mulai 10 Agustus, kabupaten kota di wilayah level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang,” tambah Luhut.

Luhut juga menyebut penurunan kasus perawatan dan RS juga sudah terjadi di sejumlah aglomerasi di jawa bali kecuali di Malang Raya dan Bali.

“Untuk itu pemerintah akan segera melakukan intervensi di kedua wilayah ini, tim sedang bergerak ke sana dan saya juga akan pergi mengunjungi kedua daerah ini,” kata Luhut. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,260

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *