Klik News

PKM Sastra Inggris Universitas Pamulang Wujudkan Antusiasme Literasi di MA Daarul Hikmah Pamulang

Pengabdian kepada Masyarakat, atau lebih dikenal sebagai PKM, yang diadakan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang, menjadi sorotan positif di Madrasah Aliyah Daarul Hikmah Pamulang pada hari Kamis, 9 November 2023.

Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi kelas X IPS, dengan fokus pada tema penguatan lingkungan membaca melalui majalah diding, sebagai bagian dari dukungan terhadap Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Acara dimulai dengan sambutan dari Amirudin, S.S., M.Pd., Ketua PKM, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Tutik Ratna Ningyas, S.S., M.Pd., anggota PKM. Kegiatan berlanjut dengan melakukan review menggunakan media film bertheme literasi.

Diskusi selanjutnya dipimpin oleh tim mahasiswa, termasuk Aliefa Shoraya, Khotimah Amalia, Anis Octaviani Putri, dan Dewi Dahlia Rasyidah, secara berkelompok.

Anggito Fauzi Akbar, sebagai ketua tim mahasiswa, membagi peserta menjadi 5 kelompok untuk diskusi. Diskusi ini diawasi oleh tim mahasiswa dan dosen, dengan tujuan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam merumuskan quotes tentang pentingnya membaca yang terkait dengan film yang mereka ulas.

Baca juga :   FIS UINSU Sosialisaikan PMB dan PKM di MAN Karo

Tim mahasiswa dan peserta PKM dari MA Daarul Hikmah kemudian mengkreasikan quotes mereka yang nantinya akan ditempelkan di Majalah Dinding yang sudah disediakan.

Salman, sebagai ketua kelas, menyatakan kegembiraannya mengikuti kegiatan PKM ini, “Sangat senang karena sebelumnya kami belum pernah mengisi majalah dinding, dan menonton film juga membuat kami tidak merasa jenuh,” ujarnya.

Harapannya, kegiatan ini dapat memupuk semangat literasi mengingat pentingnya mengembangkan semangat membaca di tengah gempuran media digital dan kecanggihan Artificial Intelligence (AI). Membaca diharapkan bisa menjadi antidote dari kemalasan berpikir kritis, mengingat kemudahan yang diberikan oleh AI dalam era ini.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *