Klik News

Pilpres 2024, 5 Purnawirawan Jenderal Ikut Antar Prabowo-Gibran Daftar ke KPU

Jakarta – Rabu, 25 Oktober 2023 Hari ini, Lima purnawirawan jenderal ikut mengantar Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Siapa saja mereka?

Dalam pidatonya usai pendaftaran di KPU, Prabowo menyampaikan terima kasih kepada tokoh-tokoh nasional, termasuk kepada lima purnawirawan jenderal yang hadir pada kesempatan itu.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh nasional, senior-senior yang hadir. Hadir ada Jenderal Wiranto, Marsekal Udara Imam Sufaat. Tiga mantan Kapolri; Jenderal Polisi Sutarman, Jenderal Polisi Idham Azis, Jenderal Polisi Sutanto,” kata Prabowo usai mendaftar di KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Oktober 2023.

Kehadiran 5 Purnawirawan tersebut, dilangsir dari catatan Tempo bahwa Jenderal (Purn) Wiranto adalah mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) pada kabinet Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada 1999-2000.

Wiranto kemudian diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden pada akhir 2019.

Baca juga :   Simak, Tanggapan Anis Baswedan Menyikapi Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi

Sementara Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat adalah Kepala Staf TNI Angkatan Udara yang menjabat pada 17 November 2009 hingga 17 Desember 2012.

Sedangkan Jenderal (Purn) Sutarman adalah Kapolri yang dilantik di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara pada 25 Oktober 2013. Jabatannya sebagai Kapolri berakhir pada 16 Januari 2015.

Berikutnya adalah Jenderal (Purn) Idham Aziz. Dia menjabat sebagai Kapolri pada saat itu menggantikan Tito Karnavian. Idham menjabat sebagai Kapolri dari November 2019 hingga Januari 2021.

Jenderal terakhir yang disebut Prabowo adalah Jenderal (Purn) Polisi Sutanto. Sutanto diketahui juga pernah menjabat sebagai Kapolri sejak 8 Juli 2005 hingga 30 September 2008.

Sejumlah jenderal purnawirawan sebelumnya memang hadir dalam acara di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno pada hari ini, Rabu, 25 Oktober 2023, saat Prabowo dan Gibran menemui relawan sebelum berangkat ke KPU.

Terlihat sejumlah jenderal purnawirawan yang hadir. Mereka yang hadir yaitu mantan Kapolri Jenderal (Purn) Sutarman, mantan Wakapolri Komjen (Purn) Komjen Ari Dono Sukmanto, mantan Kabaharkam Komjen (Purn) Condro Kirono, mantan Sestama Lemhannas Komjen (Purn) M Iriawan.

Baca juga :   H-1 Pencoblosan, Berikut Ini 3 Syarat Pilpres Berlangsung Satu Putaran

Dukungan sejumlah purnawirawan jenderal tak hanya kepada Prabowo. Purnawirawan jenderal juga telah menyatakan sikap politiknya di Pilpres 2024.

Mereka telah merapatkan barisan untuk memberikan dukungannya, baik kepada Ganjar Pranowo-Mahfud MD maupun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Salah satunya, Jenderal (Purn) TNI Andika Perkasa yang kini duduk di Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *