Klik NewsRegional

Peran Vital Perguruan Tinggi Dalam Wujudkan Revolusi Mental

Revolusi mental merupakan gerakan nasional yang bertujuan melakukan perubahan, baik dari cara berfikir, cara bekerja, dan cara hidup. Revolusi mental dapat diwujudkan diantaranya melalui peran perguruan tinggi. 

Hal ini sebagaimana mencuat dalam sebuah diskusi webinar pada Sabtu (30/10/2021) yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Pancasila Universitas Negeri Padang bekerjasama dengan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Forum Rektor Indonesia.

Hadir sebagai narasumber: Prof. Ganefri Ph.D (Rektor UNP), Prof. Dr.Ravik Karsidi, M.S (Staf khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) dan Ir. Audy Joinaldy (Wakil Gubernur Sumatera Barat). Webinar ini dihadiri oleh 850 mahasiswa, dosen dan masyarakat daei seluruh Indonesia.

Staf khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Ravik, dalam paparannya mengatakan bahwa revolusi mental dapat diwujudkan melalui diantaranya peran perguruan tinggi dengan ikut andil dalam mewujudkan pembentukan kepribadian bangsa.

“Revolusi mental dapat diwujudkan melalui 3 (tiga) proses penguatan nilai yaitu kerja Keras, Gotong royong dan Integritas. Perguruan Tinggi, dosen dan mahasiswa perlu ikut andil dalam membentuk kepribadian bangsa ini.” Kata Prof. Ravik. 

Sementara itu, Prof. Ganefri (Rektor UNP) menyatakan bahwa ada 4 (empat) peran perguruan tinggi dalam revolusi mental.

“Ada empat peran perguruan tinggi yaitu (1) Kampus harus bebas dari KKN, (2). Kampus harus bebas dari Narkoba, (3). Kampus yang bebas dari plagiarisme dan (4). Kampus Menciptakan lingkungan yang bersih”. Ujar Rektor UNP Padang tersebut.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy menyampaikan, para mahasiswa harus menjadi pembeda,harus menjadi pelopor bukan pengekor sehingga menjadi kepribadian yang kuat dan memiliki integritas tinggi, Revolusi mental harus bisa diterapkan oleh para mahasiswa karena mereka adalah role model generasi muda.

“Selain menikmati indahnya kursi pendidikan, mahasiswa perlu ikut andil dalam pemberdayaan masyarakat dan membentuk kepribadian masyarakat yang mandiri, kreatif dan optimis”. Tegas Audy Joinaldy, Wagub Sumbar yang juga seorang pengusaha tersebut. 

Webinar sendiri mengusung tema ‘Kepeloporan Pemuda dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Tantangan Masa Depan Bangsa’. Webinar diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari sumpah Pemuda sekaligus Pengumuman Lomba Pidato dan Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,428

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *