Info KlikersKlik NewsPendidikan

Mengetahui Apa Itu Agama Samawi dan Agama Ardhy

Agama ialah sebuah keyakinan serta serangkaian aturan yang mengarahkan manusia untuk berbuat baik (menurut kepercayaan penganganutnya). Dalam kesehariaan, manusia akrab dengan sebutan agama Samawi dan agama Ardhy. Agama Samawi disebut dengan agama langit, sedangkan agama Ardhy dikenal sebagai agama bumi. Berikut penjelasan sekilas mengenai agama Samawi dan agama Ardhy,

Agama Samawi

secara umum agama Samawi adalah agama yang keseluruhan aturannya berasal dari Tuhan diturunkan kepada utusannya untuk disampaikan kepada umat manusia. Disebut agama Samawi karena ajaran-ajaran dalam agama Samawi ini murni dari Tuhan, tidak diciptakan oleh manusia lewat konsiliasi (kesepakatan) ataupun kontemplasi (perenungan). Konsep agama Samawi adalah sebuah paket agama lengkap yang diturunkan dari langit, kata Samawi mengacu pada arti langit. Namun, hal ini bukan berarti bertempat di langit, melainkan hanya sebuah pengistilahan sifat dan dzat Tuhan yang maha agung, maha kuasa. Dan tidak ada satupun makhluk didunia ini yang lebih tinngi derajatnya dengan Tuhan. Adapun agama-agama besar yang dianggap sebagai agama Samawi diantaranya adalah ; Islam, Kristen, dan Yahudi.

Baca juga :   Perjalanan Islam Menuju Pribumisasi dan Kondisi Jiwa Umat Manusia dalam Tantangan Modern

Agama Ardhy

Agama Ardhy atau agama Bumi, adalah agama yang bukan berasal Tuhan dengan jalan melalui perantara wahyu, melainkan agama yang muncul atau tumbuh dari hasil proses antropologis, yang terbentuk dari adat istiadat, perenungan, atau penggabungan beberapa nilai budaya yang kemudian melembaga dalam bentuk agama formal. Tiga contoh agama besar yang masuk dalam kategori agama Ardhy ini ialah: Agama Hindu, Budha, dan Konghucu. Disebut agama Ardhy karna agama ini tidak memiliki Nabi atau Rasul. walaupun agama-agama ini memiliki kitab suci, namun belum bisa dipastikan bahwa kitab suci itu berasal dari Tuhan, sebab agama ini tidak memiliki nabi atau tidak mempunyai mukjizat sebagai pembuktiaan tentang kebenaran ajaran-ajarannya.

 

Referensi :

Tim Forum Kajian Ilmiah Purna Siswa. 2016 . Menghayati Agama, Islam, dan Aswaja. Kediri: Lirboyo Press.

 

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,772

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *