Klik NewsSosial Budaya

Kominfo: Semua Puskesmas di Indonesia Sudah Terlayani Akses Internet

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyatakan semua pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Indonesia sudah terlayani akses internet.

Staf Ahli Menkominfo RI Prof Henry Subiakto di Banda Aceh, Kamis, menyebutkan terdapat sekitar 13 ribu unit Puskesmas di seluruh nusantara, dan 10 ribu unit di antaranya sudah jauh hari terkoneksi dengan internet.

Hal itu dikarenakan keberadaan puskesmas yang relatif lebih dekat dengan daerah perkotaan.

Sementara 3.126 unit Puskesmas yang berada di daerah pedalaman, jauh dari pusat kota, sehingga tidak bisa mendapatkan layanan internet.

Namun, lanjut dia, karena mewabah COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mempercepat layanan internet bagi Puskesmas di pedalaman tersebut, dalam upaya percepatan penanggulangan virus tersebut.

“Tapi saat ini 3.126 Puskesmas itu sudah terkoneksi semua dengan internet, yang pembangunan diselesaikan dalam waktu lima bulan pada 2020. Itu deadline karena COVID-19, jadi kita percepat,” katanya.

Henry Subiakto mengatakan pemerintah memang sedang mempercepat pembangunan infrastruktur digital dalam upaya mendukung transformasi digital bagi semua layanan publik di Tanah Air.

“Saat ini, semua Puskesmas di Indonesia sudah bisa melayani paket internet. Karena sudah disambungkan dengan satelit. Walaupun Puskesmasnya di wilayah terluar, kami sudah sambungkan dengan satelit,” katanya.

Memang lebih mahal, karena satelit masih sewa ke swasta. Tahun 2023 Indonesia akan memiliki satelit sendiri untuk layanan tersebut, namanya satelit satria, ujarnya menambahkan. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,261

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *