EkonomiKlik News

Ketua DPR RI: Budaya Lokal Energi Pariwisata

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pelestarian budaya lokal menjadi esensial untuk mencegah redupnya energi pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut ia sampaikan saat berkunjung ke Sanggar Genjah Arum, Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (01/03/2021).

Menurut Puan, dengan mengambil contoh masyarakat Osing, pelestarian budaya lokal bisa untuk mendukung perekonomian warga setempat.

“Kami menyadari budaya adalah energi pariwisata. Jadikan ini sebagai modal menggerakan wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi sekaligus mengamati kegiatan di Desa Wisata Osing. Tentu, ini diharapkan bisa mendukung perekonomian warga setempat,” terang Puan.

Dikatakan Puan, seni dan budaya menjadi esensi pembentuk pribadi bangsa. Seni dan budaya dapat diwariskan nilai-nilai hidupnya pada generasi yang akan datang.

“Seni dan budaya merupakan salah satu pilar membangun kepribadian bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Maka, penting memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, kita harus rawat warisan leluhur supaya bisa diturunkan,” tegas Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2014-2019 itu.

Baca juga :   Dasco : Inti Kompetisi Demokrasi adalah Siap Menang dan Kalah

Pada kesempatan itu, Puan turut mengapresiasi para seniman Osing sekaligus segenap masyarakat Banyuwangi yang tidak lelah berkarya dalam kondisi terbatas. 

Puan meminta agar pemerintah setempat tetap melindungi pelaku budaya dan pariwisata dari dampak pandemi covid 19. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,263