Klik News

Jokowi Minta Jajaran Tangani Dampak Cuaca Ekstrem di Papua Secepatnya

Presiden RI Jokowi Widodo (Jokowi) dalam memberikan keterangan pers usai meresmikan Sodetan Kali Ciliwung ke BKT, Senin (31/07/2023), di Inlet Sodetan Ciliwung, Jakarta. Meminta jajaran terkait, pusat dan daerah, untuk secepatnya menangani dampak cuaca ekstrem yang terjadi di Papua Tengah. Cuaca ekstrem tersebut mengakibatkan kekeringan serta memicu gagal panen dan kelaparan.

“Saya sudah perintahkan kepada Menko PMK [Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan], Menteri Sosial, BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana], dan juga di daerah di Papua untuk segera menangani secepat-cepatnya,” ujar Presiden.

Presiden mengungkapkan, salah satu tantangan yang dihadapi di Papua Tengah adalah terdapat daerah yang tidak dapat ditumbuhi tanaman pada musim salju.

“Problemnya, supaya tahu ya, itu adalah daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh, di ketinggian yang sangat tinggi distrik itu,” ujarnya.

Selain itu, Presiden juga mengungkapkan adanya kendala keamanan yang menghambat pengiriman bantuan makanan ke wilayah terdampak. Oleh karena itu, Presiden menginstruksikan Panglima TNI untuk mengawal pengiriman bantuan tersebut.

Baca juga :   Presiden Jokowi: Indonesia Segera Salurkan Bantuan ke Gaza Lewat Udara

“Saya minta juga tadi TNI untuk membantu mengawal. Di sana memang problemnya selalu seperti itu, medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya enggak berani, sehingga problem itu yang terjadi,” tandasnya.

 

Sumber : https://setkab.go.id

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,261

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *